Beranda Metropolis Pemprov Jabar Diminta Evaluasi Delapan RS Rujukan Covid-19 di Kota Bogor

Pemprov Jabar Diminta Evaluasi Delapan RS Rujukan Covid-19 di Kota Bogor

Ruang isolasi di RSUD Kota Bogor khusus pasien virus Corona (adi)

BOGOR-RADAR BOGOR, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor meminta agar Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) mengevaluasi delapan rumah sakit rujukan Covid-19. Sebab, fasilitas kesehatan dan bahkan rumah sakit (RS) rujukan Covid-19 menjadi klaster persebaran Covid-19.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jabar pada Juni 2020 telah melakukan penilaian atau assessment. Teranyar, klaster rumah sakit kembali muncul di Kota Bogor yakni adanya 10 kasus di RS Azra, mereka kembali mengunjungi dua rumah sakit rujukan Covid-19 di Kota Bogor yakni RS Azra dan RS Medika Dramaga Bogor.

“Hasilnya kita sudah diskusikan dengan Pak Ketua Gugus Tugas (Dedie A Rachim) bahwa RS di Kota Bogor untuk menerima rujukan Covid-19 semua bisa menerima,” kata anggota Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jabar, Marion Siagian di Kota Bogor, Selasa (4/8).

universitas-nusa-bangsa

Menurutnya, dari seluruh rujukan RS di Kota Bogor semuanya dapat menangani pasien positif Covid-19. Namun, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Jabar itu menjelaskan, meminta Dinkes Kota Bogor untuk memetakan kemampuan delapan RS tersebut.

Marion menjelaskan, setiap RS rujukan Covid-19 dapat menangani pasien Covid-19 sesuai dengan kemampuan dan fasilitas RS. “Jadi nanti kalo kasusnya ringan di RS mana misalnya, kalo berat bisa di RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) Kota Bogor dan RS lainnya. Intinya nanti Dinkes Kota Bogor yang dipetakan,” jelasnya.

Di Kota Bogor terdapat delapan RS rujukan Covid-19 sesuai Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor 445/Kep.224-Dinkes/2020 tentang Perubahan Atas Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor 445/Kep.186-Dinkes/2020 mengenai Penetapan Rumah Sakit Rujukan Penanggulangan Penyakit Infeksi Emerging Tertentu. Delapan rumah sakit itu yakni, RSUD Kota Bogor, RS PMI, Siloam Hospital Bogor, Bogor Senior Hospital, RS Melania, RS BMC, RS Azra, RS Hermina.