25 radar bogor

Bela Negara, Penguatan Karakter Bangsa untuk Indonesia Maju

Ratusan peserta ikut Seminar Nasional Bela Negara secara online dilakukan oleh Resimen Mahasiswa (Menwa) IPB dan Alumni Menwa Mahawarman IPB University, Rabu (15/7/2020)

Sebagai karakter bangsa Indonesia jika tidak bersumber dari nilai-nilai positif budaya bangsa sendiri akan membahayakan dan menjadi “Bom Waktu” dikemudian hari. Hal krusial dalam merumuskan strategi Bela Negara dengan melihat pada “Persoalan Krusial Bangsa”.

Karakter Asli warisan leluhur bangsa Indonesia merupakan kristalisasi nilai tertinggi dalam seluruh tata sistem nilai yg ada di nusantara, pembentukan karakter bangsa merupakan tanggung jawab bersama seluruh komponen bangsa.

Jenderal bintang 2 ini juga memberikan 8 tip pada akhir paparannya untuk memperkuat dan membentuk karakter yaitu: 1) belajar menghargai diri sendiri, 2) bentuk prinsip diri sendiri, 3) penguasaan terhadap diri sendiri, 4) memperbaiki masa lalu, 5) memperhitungkan tindakan yang diambil, 6) komitmen, 7) disiplin, dan 8) mengenali serta mengetahui kelebihan dan kekurangan. Selain itu beliau juga menegaskan bahwa mahasiswa/pelajar memiliki kelebihan dalam menyampaikan pesan pentingnya karakter bangsa karena merupakan generasi muda yang memiliki dua dokrin yang merupakan perpaduan antara keilmuan dan keprajuritan.(*/pin)