25 radar bogor

Bela Negara, Penguatan Karakter Bangsa untuk Indonesia Maju

Ratusan peserta ikut Seminar Nasional Bela Negara secara online dilakukan oleh Resimen Mahasiswa (Menwa) IPB dan Alumni Menwa Mahawarman IPB University, Rabu (15/7/2020)

Karekter tersebut dalah kejujuran, disiplin, kerja keras dan kemampuan kita berjejaring dengan berbagai pihak. Untuk membuat Indonesia maju secara ekonomi dan teknologi tetap harus memperhatikan agar masyarakat juga sejahtera, makmur, memilik martabat, dan terlindungi.

“Masa depan harus diraih dan ditemukan, identitas bangsa sebagai bangsa Indonesia harus tetap ada, tetap kuat, menginspirasi dan mengilhami kita untuk masa depan. Karena dengan itulah masa depan bangsa ini akan tetap utuh dan Indonesia maju dapat terwujud dengan baik,” paparnya.

Sementara itu dalam paparannya, Mayjen Arif Teguh, Asintel KASAD-TNI Angkatan Darat, mengatakan bahwa karakter bangsa memegang kata kunci dalam proses kemajuan suatu bangsa, dan nilai-nilai luhur budaya bangsa harus dijadikan pondasi penyusunan karakter bangsa.

Beberapa Negara maju mencapai kemajuan ekonomi dan penguasaan teknologi dengan tetap berdasarkan karakter bangsa budaya asli seperti Cina, Korea Selatan dan Jepang sedangkan Singapura tidak memiliki karakter budaya asli, tetapi mereka menyusun karakter bangsa mereka berdasarkan analisa mendalam dan perpaduan karakter positif bangsa-bangsa di dunia.

Kehebatan suatu Negara sangat tergantung dari karakter warga negaranya. Karakter bangsa yang tersusun baik dan kuat merupakan modal sub-sub sistem, dan sub-sistem yang baik dalam mendukung system of system dalam hidup bernegara.

Bela Negara merupakan salah satu karakter bangsa yang memegang peran kunci berfungsi sebagai pengarah dan memfokuskan segala potensi yang dimiliki baik SDA maupun SDM termasuk didalamya karakter positif bangsa itu sendiri agar terfokus diberdayakan untuk kemajuan bangsanya.