25 radar bogor

Terkait Warga Bogor Dinonaktifkan Sebagai Peserta BPJS, Dewan: Sangat Disayangkan

BPJS Kesehatan
Ilustrasi BPJS Kesehatan

SK tersebut menjabarkan tentang Penetapan dan Perubahan Data Peserta PBI JK 2020 Tahap Ketiga. “Kementerian Sosial sudah menonaktifkan 5.227.852 jiwa peserta BPJS Kesehatan penerima bantuan iuran APBN. Untuk Kota Bogor ada 39.975 jiwa,” kata Farurozi saat dihubungi melalui pesan whatshapp, Rabu (8/7).

Alasannya, peserta yang bersangkutan sudah tidak ada dalam basis data terpadu (BDT) Kemensos. Selain itu juga ditemukan peserta yang NIK tidak sesuai. Farurozi menjelaskan, data yang dinonaktifkan dari pembiayaan APBN mulai aktif pada 1 Mei 2020 lalu.

Saat ini datanya sudah diserahkan ke Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, dan dilakukan validasi. Saat ini, BPJS Kesehatan tinggal menunggu keputusan untuk dialihkan ke PBI APBD. Penonaktifan peserta itu juga dibarengi dengan pengaktifan peserta lain. Sehingga 39.975 peserta PBI tetap terisi.

Menurutnya, yang menggantikan peserta yang dinonaktifkan ditetapkan oleh Dinas Sosial Kota Bogor. “Bagi yang tidak lolos verifikasi dapat mendadtar sebagai peserta PBPU (Khusus Peserta Bukan Penerima Upah) atau mandiri,” tukasnya.(ded)