25 radar bogor

Pentingnya Komunikasi Perubahan Iklim dan Pembangunan Berkelanjutan di Masa Pandemi

Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 5 Juni 2020

Hal ini tidak mudah karena beragamnya interest dan tingkat pemahaman audiens akan isu perubahan iklim, dampaknya bagi kehidupan, serta solusinya yang dapat kita lakukan.

CCF mengambil peran bagaimana mengkomunikasikan isu-isu tersebut, dengan harapan dapat menggerakkan kita semua mengambil bagian dan peran dari upaya besar menjaga dan merawat bumi.

Suzy Hutomo, pendiri dan pemimpin The Body Shop Indonesia juga mengakui, mengkomunikasikan isu perubahan iklim tidaklah mudah, karena isunya kompleks, sehingga isu perubahan iklim harus dibuat lebih menarik dnegan visualisasi yang menarik juga.

“Perlu ada tips-tips yang lebih personal saat menyampaikan what can we do untuk menangani perubahan ikiim,” ujar Suzy.

Sejalan dengan data YouGov-Cambridge Globalism Project, tercatat 18 persen masyarakat Indonesia ragu bahwa perubahan iklim dikarenakan oleh faktor manusia.

“Ini persolan besar bagi kita, terutama ilmuwan komunikasi. Meningkatkan kesadaran masyarakat akan dampak perubahan iklim menjadi pekerjaan rumah kita bersama-sama,” kata Yenrizal, peneliti komunikasi lingkungan FISIP UIN Raden Fatah Palembang, Sumatera Selatan.