25 radar bogor

Ngopi Bareng, Kapolresta Bogor Kota Janji Basmi Pelaku Tawuran

Ngopi bareng Kapolresta Bogor Kota Kombes Bismo Teguh Prakoso bersama Polisi RW, PPK, Panwascam dan tokoh masyarakat di Gang Aut, Bogor Tengah. (Radar Bogor/Dede Supriadi)

BOGOR-RADAR BOGOR, Kasus tawuran remaja menjadi salah satu bahasan dalam kegiatan Ngopi Bareng Kapolresta Bogor Kota di Gang Aut, Bogor Tengah. Ngopi bareng itu melibatkan Polisi RW, PPK, Panwascam dan tokoh masyarakat.

“Kami sepakat bahwa permasalahan tawuran adalah bagian dari masalah sosial masyarakat, sehingga Polisi dan TNI saja tidak cukup untuk menyelesaikan masalah ini,” kata Kapolresta Bogor Kota Kombes Bismo Teguh Prakoso, baru-baru ini.

Menurutnya, dibutuhkan peran serta seluruh element unsur Muspika, tokoh agama, tokoh masyarakat hingga perangkat pemerintahan setempat.

Baca Juga: Diduga Gangster, 8 Orang Bersamurai Ditangkap Polisi

“Ini akan sangat penting bagi kami dan menjadi masukan bagi Forkompimda. Apabila semua berkerja dengan sepenuh hati dan warga bisa merubah diri semakin positif dalam mengasuh dan mengawasi anak-anaknya, maka kita bisa antisipasi bersama,” terangnya.

Bismo juga berjanji tidak akan main-main dengan pelaku tawuran. Dia memberikan imbauan keras.

“Bagi masyarakat yang tertangkap tawuran tidak ada ampun, kami akan proses sampai pengadilan,” tegas Bismo.

Selain tawuran, ia juga memberikan atensi kerawanan kamtibmas seperti balap liar, kenakalan remaja hingga tindakan kriminalitas.

“Polresta Bogor Kota telah mengantisipasi dengan menggelar razia knalpot bising, razia minuman keras, narkotika dan obat-obatan, razia prostitusi hingga meningkatkan patroli kerawanan di malam hari,” bebernya.

Lebih dari itu, Polresta Bogor Kota sudah melakukan upaya preemtif, preventif, dan represif serta mengerahkan Polisi RW untuk mendetekasi dan mencari solusi dalam permasalahan Kamtibmas.

Baca Juga: Berbekal Aplikasi, Mobil Wisatawan Puncak Nyasar ke Semak-semak Perbukitan

“Kami intens berkoordinasi dengan Satgas Pelajar Kota Bogor untuk mengantisipasi tawuran pelajar dan kenakalan remaja. Kebetulan saat ini merupakan momen Pengumuman Kelulusan Pelajar Tingkat SMA yang diindikasi adanya kerawanan perayaan yang menimbulkan gangguan Ketertiban,” ujarnya.

Ia pun mengimbau masyarakat agar bisa bersinergi di lapangan untuk mencegah gangguan kamtibmas. Tak terkecuali dengan melakukan ronda bersama.(*)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Imam Rahmanto