25 radar bogor

Mengenal Prof. Mohamad Ali Fulazzaky, Ilmuan Dunia yang Resmi Dilantik Jadi Rektor Unida

Prof. Mohamad Ali Fulazzaky, Ph.D
Prof. Mohamad Ali Fulazzaky, Ph.D

BOGOR-RADAR BOGOR, Prof. Mohamad Ali Fulazzaky, Ph.D resmi dilantik sebagai Rektor Universitas Djuanda (Unida) Penggantian Antar Waktu (PAW) masa bakti 2022-2026 oleh Chancellor UNIDA Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H, pada Rabu (1/3/2023).

Proses pelantikan dilaksanakan di Aula Gedung C yang dihadiri oleh para pimpinan mitra dan tamu undangan.

Biografi Singkat

Prof. Mohamad Ali Fulazzaky, Ph.D lahir di Desa Meugit Kayee Panyang, Kecamatan Bandar Dua, Kabupaten Pidie Jaya, Aceh.

Putra dari Bapak H. Muhammad Jusuf Arsjad dan Ibu Hj. Rukiyah Ismail Putra ketiga dari tujuh bersaudara.

Prof. Mohamad Ali Fulazzaky, Ph.D memiliki istri bernama Ambar Dewati, satu orang putra bernama Mohammad Fulazzaky dan menantu Narda Virelia serta satu orang putri bernama Tahira Fulazzaky.

Beliau mengenyam pendidikan Sekolah Madrasah Ibtidayah Negeri (MIN) Meugit 7, lulus tahun 1972.

Dilanjutkan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri Uleegle, lulus tahun 1975. Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Bireuen, lulus tahun 1979.

Kemudian melanjutkan pendidikan tinggi Sarjana Muda Bidang Kimia dari tahun 1980 sampai tahun 1984 dan Sarjana Bidang Kimia Fisik dari tahun 1984 sampai tahun 1986 di Institut Teknologi Bandung.

Lalu melanjutkan Master Engineering Bidang Teknik dan Manajemen Air dari tahun 1991 sampai tahun 1992 di Ecole Nationale des Travaux Public de l’Etat, Prancis, dan Master Science Bidang Pengolahan Air dan Teknik Lingkungan dari tahun 1992 sampai tahun 1993 di Institut National des Sciences Appliquées de Toulouse, Prancis.

Terakhir, PhD bidang Kimia dan Mikrobiologi Air dari tahun 1993 sampai tahun 1996 di Université de Pau et des Pays de l’Adour, Prancis.

Saat ini, Prof. Mohamad Ali Fulazzaky, Ph.D yang akrab disapa “Ayah Ali” merupakan dosen dari program studi Magister Teknologi Pangan di Sekolah Pascasarjana UNIDA.

Beliau merupakan salah satu dari Top 2% Scientist in the World: Single Year Impact 2021-2022 yang dirilis pada 10 Oktober 2022 oleh Stanford University dan Elsevier Report.

Dilansir dari laman resmi Elsevier, proses penyusunan daftar Top 2% Peneliti Dunia 2022 menggunakan sistem penilaian berdasarkan beberapa jenis indikator, seperti h-index, co-authorship dan beberapa indikator lainnya. Ilmuwan diklasifikasikan menjadi 22 bidang keilmuan dan 176 subbidang dalam pemeringkatan sitasi c-score di luar sitasi diri sendiri (nonself-citation).

Prof. Mohamad Ali Fulazzaky, Ph.D menjadi salah satu ilmuan Indonesia yang berhasil masuk ke dalam daftar Top 2% Peneliti Dunia 2022 tentu bukan menjadi hal mudah.

Ini menjadi salah satu bentuk prestasi besar bagi Indonesia, khususnya UNIDA untuk berkontribusi lebih bagi perkembangan dan kemajuan dunia.

Dalam beberapa kesempatan, Prof. Mohamad Ali Fulazzaky, Ph.D juga terus mengajak civitas akademik untuk dapat menulis artikel ilmiah dan mempublikasikannya pada jurnal bereputasi tinggi. (*/ran)

 

Editor: Rany