25 radar bogor

71 Pejabat Eselon III dan IV Bogor Dilantik, Baru Setengahnya Terisi

Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan melantik 71 pejabat eselon III dan IV di Gedung Serbaguna I Setda Cibinong, Jumat (10/2). (Radar Bogor/ Hendi Novian)

CIBINONG-RADAR BOGOR, Sebanyak 71 pejabat eselon III dan IV atau pejabat administrator dan pengawas di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor dilantik di Cibinong, Jumat (10/2).


Pelantikannya dilakukan langsung oleh Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan di Gedung Serbaguna I Setda. Menurutnya, pelantikan memang sudah mendesak karena banyak jabatan yang kosong.

“Kami ingin ada format baru dengan orang-orang yang menurut kami mampu,” yakin Iwan.

Selain eselon III dan IV, Iwan juga berjanji akan segera mengisi kekosongan jabatan eselon II dalam waktu dekat. Sebanyak 11 jabatan eselon II yang saat ini belum terisi pejabat baru.

“Tahap selanjutnya di 2023, kita harus mempersiapkan kekosongan ini, karena ini keinginan saya,” tuturnya.

Iwan mengatakan, salah satu alasan belum diisinya jabatan eselon II sejak 2022 lalu, karena pihaknya menunggu agar semuanya dapat terisi sekaligus.

“Kami tidak ingin hanya satu dua (pengisian jabatan), kami ingin asesmen banyak sekaligus. Mungkin setelah ini saya minta Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) untuk segera menyusun dan berkordinasi dengan provinsi dan pusat,” jelasnya.

Di samping itu, Iwan juga melihat proses birokrasi yang rumit sehingga menyebabkan lambatnya pengisian kekosongan jabatan.

“Kita ingin benar-benar teliti karena aturan yang saat ini ketat. Mungkin kalau dibandingkan dengan daerah lain bisa enam bulan, sekarang tidak mungkin,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bogor, Irwan Purnawan menjelaskan, pengisian ratusan jabatan kosong di eselon III dan IV dilakukan secara bertahap.

Avatar

Baca Juga:

Pemkot Bogor dan PT Tirta Investama Bangun Pusat Kuliner di Pajajaran


“Ada 150 jabatan kosong di eselon III dan IV, dan baru diisi 71 yang baru dilantik. Selanjutnya kami masih menunggu surat izin pelantikan dari Kemendagri untuk mengisi yang lainnya,” tandasnya.(*)

Reporter: Septi Nulawam
Editor: Imam Rahmanto