25 radar bogor

Setelah Cibinong Situ Plaza, Hewan Lucu Bakal Hadir di Alun-alun Cirimekar

Hewan-hewan yang ada di Aviari Cibinong Situ Plaza.

CIBINONG-RADAR BOGOR, Pemkab Bogor tidak berhenti memanjakan warga menikmati fasilitas publik yang ada.


Setelah pembangunan Aviari di Cibinong Situ Plaza disambut baik oleh masyarakat, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) akan kembali mendirikan penangkaran fauna di Alun-alun Cirimekar, Cibinong.

“Kuncinya indikator kebahagiaan masyarakat, kalau masyarakat bahagia dengan adanya aviari di ruang publik, kita sebagai pelayan masyarakat harus menyiapkan,” kata Kepala DPKPP Kabupaten Bogor, Ajat Rochmat Jatnika, Jum’at, (20/1/2023).

Dia mengatakan, dari taman atau alun-alun yang tersebar di wilayah Kabupaten Bogor, Cibinong Situ Plaza dan Alun-alun Cirimekar paling representatif untuk diadakan aviari.

Untuk itu, kedua taman tersebut yang dijadikan percontohan untuk penyediaan aviari berisi berbagai jenis fauna.

“Percontohan pertama kan di Cibinong Situ Plaza, kemudian dilanjut Alun-alun Cirimekar, kita coba dorong potensi yang ada di taman-taman tersebut,” jelas Ajat.

Menurutnya, dalam mengembangkan potensi di ruang publik tersebut, pihaknya memiliki konsep yang bersatu dengan alam. Baik dipenuhi dengan ragam jenis fauna maupun flora.

“Harapannya, ada semua kehidupan di dalamnya, biar alam menjadi sahabat buat masyarakat,” tukasnya.

Sebelumnya, aviari berisi fauna jenis burung, reptil hingga hewan seperti kelinci dan kura-kura ini diharapkan menjadi sarana edukasi di Cibining Situ Plaza, Jalan Tegar Beriman.

“Kita ingin meningkatkan kualitas taman Situ Plaza Cibinong, karena setiap harinya banyak dikunjungi masyarakat,” ucap Ajat.

Melalui pihaknya, Pemkab Bogor terus berupaya membangun Ruang Terbuka Hijau (RTH) untuk memberikan ruang gerak bagi publik, dan menjadi ruang tempat warga bersilaturahmi dan berekreasi bahkan sarana edukasi.

Avatar


“Harapannya dengan adanya fauna yang terpelihara dengan baik masyarakat bisa mendapatkan gerai edukasi,” pungkasnya.(*)

Reporter: Septi Nulawam
Editor: Imam Rahmanto