25 radar bogor

Hibur Pengunjung Botani Square, Robot Mainkan Angklung

Penampilan boneka-boneka robot memainkan angklung menjadi tontonan pengunjung Botani Square Mall, Jumat (30/12). (Radar Bogor/ Sofyansyah)

BOGOR-RADAR BOGOR, Botani Square Mall menghibur pengunjungnya di momen liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Mereka menampilkan pertunjukkan kesenian musik tradisional angklung.

Namun, penampilan yang disuguhkan bukanlah seperti biasanya, yang dimainkan oleh manusia. Angklung-angklung itu justru dibawakan dengan indah dan menggemaskan oleh boneka-boneka robot yang lucu.

Baca Juga: Anugrah Bogorku Bersih 2022, Ratusan Peserta Padati Atrium Mall Botani Square

Pementasan tersebut dipersembahkan oleh Pundis Angklung yang sudah dimulai sejak Senin (26/12) lalu. Mereka tampil sebanyak 3-4 kali dalam sehari. Sekali tampil, robot-robot angklung ini akan membawakan sebanyak 3 lagu.

Penampilan mereka mengundang rasa penasaran banyak orang. Seperti yang terlihat pada Jumat (30/12), puluhan orang bahkan rela menunggu di depan panggung untuk menyaksikan atraksi robot-robot ini.

Semua tampak terpesona ketika robot-robot mulai bergerak secara bergantian sesuai urutan nada angklungnya. Lagu yang dibawakannya pun terdengar sangat pas tanpa ada yang terlewat.

Bak tersihir, anak-anak sampai terpaku ketika menonton pertunjukan. Beberapa di antaranya penasaran dan melangkah untuk melihat boneka itu lebih dekat.

Direksi Mall Botani Square, Lindra Hismanto menjelaskan, robot angklung tersebut merupakan hasil gagasan dan rancangan tim Mall Botani Square yang bernama Pundis.

“Ide, software, hardware-nya, produksi, copyright semua dari Pundis yang sebetulnya sudah bergerak kemana-mana seperti event, media, dan aplikasi. Dari sisi hiburan, kami memadukan kesenian tradisional dengan Internet of Things (IOT) yaitu teknologi termutakhir yang sekarang sudah merambah kemana-mana,” jelas Lindra.

Dirinya menyebut, angklung yang dimainkan merupakan asli buatan Bogor. Sedangkan, bonekanya buatan Karawang.

Ia menerangkan, dalam tim robot angklungnya terdapat 25 boneka. Mereka sudah dirancang sedemikian rupa sehingga dapat membawakan aransemen lagu yang sudah diciptakan.

Baca Juga: Kaleidoskop 2022: Fenomena Robot Trading Jerat Crazy Rich ke Pidana

Hingga saat ini, sudah ada 10 koleksi lagu yang dapat dibawakan oleh robot angklung ini.

“Ini masih kami kembangkan terus, sekarang masih mencari setelan yang pas dan akan rampung 1-2 bulan ke depan. Kami juga akan menambah koleksi lagu yang akan disesuaikan dengan tema setiap bulannya,” terang dia.

Lindra mengungkapkan, saat ini Pundis sedang dirancang untuk hadir di Metaverse. Begitu pula dengan boneka-boneka angklung tersebut yang akan turut menghibur di sana. (*)

Reporter: Reka Faturachman
Editor: Imam Rahmanto