25 radar bogor

Tarif Tol Trans Jawa Didiskon 20 Persen Selama Tiga Hari, Catat Nih Tanggalnya

Ilustrasi tarif Tol Trans Jawa
Ilustrasi tarif Tol Trans Jawa

JAKARTA-RADAR BOGOR, Tarif Jalan Tol Trans Jawa diskon sebesar 20 persen selama tiga hari mulai Rabu (17/4/2024) pukul 05.00 WIB hingga Jumat (19/4/2024) pukul 05.00 WIB.

Baca Juga : Kabar Gembira! Tarif Tol Trans Jawa Didiskon 20% Saat Arus Mudik dan Balik

Diskon 20% tarif Tol Trans Jawa ini hanya berlaku untuk perjalanan dari Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang ke Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek selama arus balik lebaran.

Kepala Departemen Komunikasi Marketing Jasa Marga Faiza Riani mengatakan, Jasa Marga memperkirakan sebanyak 1,8 juta kendaraan akan kembali ke Jabotabek dari H1 hingga H+7, Rabu hingga Kamis, 10 hingga 18 April 2024.

Catatan Jasa Marga menunjukkan bahwa sekitar 34%, atau 600 ribu kendaraan masih belum kembali ke Jabotabek.

“Untuk itu kami mengimbau kepada masyarakat yang belum kembali ke Jabotabek dan memiliki waktu luang untuk memanfaatkan potongan tarif tol 20 persen yang akan diberlakukan mulai Rabu 17 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga Jumat 19 April 2024 pukul 05.00 WIB,” ujar Faiza.

Untuk pengguna jalan, perlu diingat bahwa potongan tarif Tol Trans Jawa hanya berlaku jika transaksi dilakukan dengan e-toll, atau uang elektronik.

Jika saldo e-toll tidak mencukupi untuk transaksi, atau jika asal dan golongan kendaraan tidak dapat dibaca, potongan tarif tidak berlaku.

Oleh karena itu, Jasa Marga mengingatkan pengguna jalan untuk memastikan saldo e-toll mereka cukup sebelum memulai perjalanan.

Untuk kendaraan golongan 1 yang melakukan perjalanan balik dari Semarang ke Jakarta, tarif tol dari GT Kalikangkung ke GT Cikatama sebesar Rp 421.500 tanpa diskon, sehingga pengendara harus menyiapkan setidaknya Rp500.000 di e-toll.

Menurutnya, kendaraan golongan 1 harus menyiapkan e-toll dengan saldo minimal Rp 1.000.000 saat melintasi jalan dari Surabaya ke Jakarta.

Baca Juga : Ada Diskon Tarif Tol Tangerang-Merak Untuk Pemudik, Catat Nih Tanggalnya

Selain itu, Jasa Marga mengimbau masyarakat untuk mempersiapkan perjalanan mereka. Di antaranya adalah memastikan bahwa pengemudi dan kendaraan dalam keadaan baik dan laik jalan.

Mempersiapkan perbekalan, memastikan bahwa ada cukup bensin dan uang elektronik, dan memastikan bahwa ada saldo uang elektronik. (jpg)

Editor : Yosep