25 radar bogor

Kabar Gembira! Tarif Tol Trans Jawa Didiskon 20% Saat Arus Mudik dan Balik

Ilustrasi tarif Tol Trans Jawa
Ilustrasi tarif Tol Trans Jawa

JAKARTA-RADAR BOGOR, Jalan Tol Trans Jawa, yang menghubungkan Jakarta ke Semarang (Jawa Tengah) dan sebaliknya, akan menerima potongan tarif tol sebesar 20% dari PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Kebijakan ini berlaku selama musim mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445 H atau Lebaran 2024.

Baca Juga : Ada Diskon Tarif Tol Tangerang-Merak Untuk Pemudik, Catat Nih Tanggalnya

Ya, tarif jalan Tol Trans Jawa yang dikelola oleh Jasa Marga Group, termasuk integrasi Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Layang MBZ, Jalan Tol Palimanan-Kanci, Jalan Tol Batang-Semarang, dan Jalan Tol Semarang Seksi ABC, akan mengalami potongan 20%.

Menurut Lisye Octaviana, Head of Corporate Communication and Community Development Group Jasa Marga, penerapan potongan tarif tol untuk semua jenis kendaraan bertujuan untuk meningkatkan distribusi lalu lintas. Selain itu, untuk mencegah jumlah kendaraan yang terlalu banyak pada hari tertentu yang diharapkan menjadi puncak mudik dan balik Lebaran.

“Pemberlakuan potongan tarif itu merupakan bentuk pelayanan maksimal dari Jasa Marga yang sesuai dengan prinsip Environment Social and Governance (ESG). Diharapkan dapat memberikan manfaat untuk masyarakat,” ujar Lisye Octaviana.

Pada puncak arus mudik, H-4, atau Sabtu (6/4/2024), Jasa Marga memperkirakan 259 ribu kendaraan meninggalkan Jakarta, meningkat 0,03 persen terhadap Lebaran 2023 dan meningkat 66,8 persen terhadap normal.

Pada puncak arus balik, H+4, atau Senin (15/4/2024), diperkirakan 300 ribu kendaraan kembali ke Jakarta, meningkat 13,2 persen terhadap Lebaran 2023 dan meningkat 131 persen terhadap normal.

“Atas dasar ini, potongan tarif tol akan diberikan di luar waktu yang diprediksi menjadi puncak arus mudik dan balik tersebut, agar lalu lintas dapat terdistribusi dengan baik,” ujarnya.

Potongan tarif Tol Trans Jawa ini akan diterapkan pada arus mudik dari Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek ke GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang dan pada arus balik dari GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang ke GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Lisye berharap potongan tarif tol itu dapat menarik minat dan menjadi acuan bagi masyarakat yang memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan perjalanan lebih awal, dan pulang lebih akhir untuk memanfaatkan potongan tarif tol karena potensi mobilitas masyarakat selama mudik Lebaran tahun ini meningkat pesat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Lisye Octaviana menjelaskan bahwa, prosedur pemberlakuan potongan tarif tol berlaku untuk semua jenis kendaraan dan hanya berlaku untuk kendaraan yang berasal dari GT Cikampek Utama dan transaksi keluar di GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang selama periode arus mudik, yaitu mulai Rabu (3/4) pukul 05.00 WIB hingga Jumat (5/4) pukul 05.00 WIB.

”Potongan tarif ini berlaku untuk pengguna jalan yang menggunakan uang elektronik. Untuk itu, kami imbau pengguna jalan dapat memastikan kesiapannya sebelum melakukan perjalanan, di antaranya dengan memastikan kecukupan saldo uang elektronik dan BBM, serta memastikan kondisi kendaraan maupun pengendaranya dalam kondisi yang optimal,” ucap Lisye.

Dia menjelaskan bahwa potongan tarif tol hanya berlaku untuk kendaraan yang datang dari GT Kalikangkung di Jalan Tol Batang-Semarang dan untuk kendaraan yang keluar dari GT Cikampek Utama di Jalan Tol Jakarta-Cikampek mulai Rabu (17/4) pukul 05.00 WIB hingga Jumat (19/4) pukul 05.00 WIB. (jpg)

Editor : Yosep