25 radar bogor

Siap-Siap! Universitas Indonesia Buka Seleksi Jalur Mandiri, Cek Jadwalnya

universitas indonesia

JAKARTA-RADAR BOGOR, Bagi calon mahasiswa yang belum beruntung masuk Universitas Indonesia lewa jalur Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024, bisa mencoba jalur mandiri.

Baca Juga : Baca Nih! Cara Mengaktifkan Kembali BPJS Kesehatan untuk Mahasiswa Berusia 21 Tahun

Ya, Universitas Indonesia akan membuka seleksi mahasiswa baru lewat jalur mandiri pada 19 Juni – 8 Juli 2024 mendatang.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi No. 62 Tahun 2023, jalur masuk penerimaan mahasiswa baru program diploma dan program sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN), termasuk Ul, terbagi menjadi dua skema, yaitu jalur nasional dan jalur mandiri.

Untuk jalur nasional, Universitas Indonesia menyediakan 50 persen dari total daya tampung, dengan rincian 20 persen melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan 30 persen melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT). Sementara itu, 50 persen dari total daya tampung UI akan diperebutkan melalui jalur mandiri.

Jalur mandiri UI terbagi ke dalam dua jalur, yaitu jalur ujian dan jalur tanpa ujian. Jalur ujian UI adalah SIMAK UI, yang terdiri atas SIMAK untuk Sarjana dan Vokasi, SIMAK untuk Sarjana Kelas Internasional, dan SIMAK untuk Sarjana dan Vokasi dengan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

Sementara itu, jalur tanpa ujian Ul yang dapat ditempuh adalah jalur Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB) untuk Sarjana dan Vokasi, jalur Talent Scouting (TS) untuk Sarjana Kelas Internasional, dan Seleksi Jalur Prestasi (SJP) untuk Sarjana.

Pada tahun 2024, Ul menambahkan daya tampungnya untuk mengakomodasi lebih banyak calon mahasiswa baru.

Pada 2024, UI menerima 10.473 calon mahasiswa dari Sarjana dan Vokasi, naik dibandingkan tahun 2023 yang saat itu daya tampungnya 10.159.

Daya tampung total Sarjana Vokasi tersebut, terdiri atas Sarjana 8.823 dan Vokasi 1.650. Sementara itu, daya tampung total SNBP sebanyak 2.105 dengan rincian Sarjana 1.775 dan Vokasi 330.

Baca Juga : Tiga Korban Kecelakaan Maut di Tol Cikampek: Pelajar dan Mahasiswa dari Bogor

Lalu, pada jalur SNBT akan menerima sebanyak 3.164 mahasiswa yang terdiri dari 2.666 Sarjana dan 498 Vokasi.

Tahun ini, Ul mengikutisertakan 64 program studi Sarjana dan 15 program studi Vokasi (9 Diploma III dan 6 Diploma IV). (net)

Editor ; Yosep