25 radar bogor

Diterjang Longsor, Jembatan Penghubung Antar Desa di Bogor Ini Terputus

CARINGIN-RADAR BOGOR, Jembatan penghubung antara Desa Pancawati-Desa Cimande, Caringin terputus akibat longsor.

Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Bogor beberapa waktu terakhir, mengakibatkan sejumlah wilayah dilanda bencana longsor.

Kepala Desa Pancawati, Iqbal Jayadi mengatakan, jembatan yang ambruk akibat longsor, merupakan akses utama warga khususnya di RW 13.

“Jembatan itu di wilayah Pancawati paling ujung, jadi dekat ke desa sebelah, makanya jembatan itu aktif,” ungkapnya saat dikonfirmasi Radar Bogor, Rabu (17/4).

Untuk sementara, kata Iqbal, warga membuat jembatan sementara berbahan bambu agar dapat melintasi sungai di area tersebut.

Meski begitu, pemerintah desa berharap jembatan tersebut dapat kembali dibangun.

“Saya akan perjuangkan ke pemerintah daerah, kalau pun tidak mungkin terakhir melalui dana desa di tahun 2025 mendatang,” ucapnya.

Baca juga: Tebing Setinggi 10 Meter di Cibungbulang Bogor Longsor, Tutup Saluran Irigasi Warga

Menurutnya, jembatan tersebut memiliki panjang 15 meter serta membutuhkan turap setinggi kurang lebih 10 meter.

Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor, Adam Hamdani menuturkan, jembatan tersebut terputus akibat longsor yang terjadi pada Minggu (14/4) lalu.

“Dikarenakan hujan deras yang berdurasi cukup lama dan kontur tanah yang labil, sehingga mengakibatkan pohon bambu tumbang terbawa longsor dan akses jembatan penghubung warga Desa Pancawati dan Desa Cimande terputus,” jelasnya.

Pasca kejadian, petugas dibantu warga setempat segera membersihkan material longsor. Untuk sementara, warga membuat jembatan sementara dari material bambu.(cok)

Penulis: Septi
Editor: Rany Puspitasari