25 radar bogor

Cegah Kecelakaan, Kwarcab Pramuka Kota Bogor Edukasi Pelajar Safety Riding

Kwarcab
Peresmian kKegiatan edukasi pelajar soal Safety Riding yang digelar Kwarcab Premuka Kota Bogor di SMA Regina Pacis, Kecamatan Bogor Tengah pada Rabu (17/4/2024). FOTO : REKA/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Bogor menggelar edukasi terkait Safety Riding (Keselamatan Berkendara) pada ribuan pelajar di Kota Bogor.

Baca Juga : Bima Arya-Dedie A Rachim Pamit ke ASN Kota Bogor, Titip Masjid Agung dan Siap Jadi Dewan

Wakil Wali Kota Bogor sekaligus Ketua Kwarcab Pramuka Kota Bogor, Dedie A Rachim menjelaskan, program tersebut bertujuan untuk mengedukasi para pelajar supaya dapat memiliki kesadaran terhadap keselamatan berkendara.

“Program ini berangkat dari keprihatinan kami terkait banyaknya warga yang belum memiliki kesadaran keselamatan berkendara yang dampaknya dapat merugikan banyak orang. Paling banyak itu mengenai kecelakaan kendaraan motor yang mengakibatkan hal-hal fatal,” ujarnya kepada Radar Bogor.

Kegiatan ini pertama kali digelar di SMA Regina Pacis, Kecamatan Bogor Tengah pada Rabu (17/4/2024). Kegiatan itu pun diikuti secara antusias oleh ratusan pelajar.

Dedie menerangkan, edukasi yang diberikan di antaranya mengenai bekal pelaksanaan safety riding, perlengkapan yang mesti dikenakan ketika berkendara, hingga juga persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM).

“Kami berkeinginan kegiatan ini juga berdampak pada lebih tertibnya lalu lintas di Kota Bogor. Para pengendara lebih tahu bagaimana berkendara yang baik. Misalnya soal menyalakan lampu sign, jangan salah sign kiri tapi beloknya ke kanan,” tuturnya.

Ia pun berharap program ini bisa menekan merebaknya tren geng motor yang tengah matak di kalangan anak muda.

Program yang diselenggarakan melalui kerja sama antara Kwarcab Pramuka dengan Pemerintah Kota, Satlantas Polresta Bogor Kota, dan Komunitas Motor Brigez itu, bakal digelar secara bergantian di 10 sekolah. Mulai dari April 2024 hingga Juni 2024 mendatang.

Kepala SMA Regina Pacis Bogor, Nora menyambut baik program ini. Ia senang sekolahnya terpilih menjadi salah satu penerima edukasi tersebut.

Menurutnya membangun kesadaran terkait keselamatan dalam berkendara sangatlah penting bagi para siswa. Baik untuk yang sudah berhak maupun akan berhak mengendarai kendaraan bermotor.

Baca Juga : Bima Bakal Berkampanye Total Untuk Dedie A Rachim, Sudah Disiapkan Sejak 5 Tahun Lalu

“Acara ini merupakan hal yang positif untuk dibangun pada anak anak kami mulai dari sekarang. Apalagi usia mereka ini adalah usia yang rentan untuk melakukan pelanggaran yang bisa berakibat fatal dan menyangkut keselamatan untuk diri mereka dan orang lain,” ucapnya. (fat)

Reporter : Dede Supriadi
Editor : Yosep