25 radar bogor

Puncak Arus Balik, Waspada Bibit Siklon Tropis. Begini Penjelasan BMKG!

Ilustrasi cuaca saat puncak arus balik.
Ilustrasi cuaca saat puncak arus balik.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Arus balik Lebaran 2024 yang merupakan libur panjang Idul Fitri 1445 H, diperkirakan akan mencapai puncaknya hari ini, Selasa (16/4/2024).

Baca Juga : ASN di Instansi Pelayanan Publik Tak Boleh WFH, Wajib WFO 100 Persen

Masyarakat yang sudah menjadwalkan perjalanan arus balik mudik lebaran harus tetap waspada terhadap kondisi cuaca saat ini.

Menurut prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) secara umum cuaca hari ini, Selasa, 16 April 2024, akan cerah dan berawan.

Kondisi cuaca ini sebenarnya telah terjadi sejak Rabu (10/4/2024) dan diklasifikasikan sebagai fase kedua oleh BMKG. Ini terjadi selama sepekan sejak awal lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.

Tetapi prediksi cuaca akan berubah dari Rabu, 17 April 2024 hingga Selasa, 23 April 2024, menurut analisis BMKG.

Untuk wilayah Utara dan Tengah Indonesia, ada kemungkinan hujan dengan kategori ringan hingga sedang selama pekan tersebut, yang disebut sebagai fase ketiga oleh BMKG.

“Juga perlu diwaspadai potensi tumbuhnya bibit siklon tropis atau siklon tropis yang terjadi di Samudra Hindia, di perairan Selatan Indonesia,” ujar Dwikorita Karnawati, Kepala BMKG.

Menurut BMKG, ini adalah masa pancaroba di Indonesia tengah, yang merupakan peralihan dari musim penghujan ke musim kemarau.

Dengan demikian, BMKG, BRIN, BNPB, dan TNI AU menyiapkan operasi teknologi modifikasi cuaca untuk mengantisipasi cuaca ekstrim.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyatakan bahwa semua dalam posisi stand by. BMKG juga membuka posko pelayanan selama pelaksanaan arus mudik dan arus balik mudik lebaran.

Baca Juga : Puncak Arus Balik Sudah Lewat, Kendaraan Wisatawan ke Kota Bogor Mulai Menyusut

Sejauh ini, ada banyak orang yang ingin mudik tahun 2024. Pemerintah memperkirakan pergerakan mudik sebesar 71,7 persen, atau 193,6 juta orang, meningkat tajam dari 123,8 juta orang yang mudik pada Idul Fitri 1444 H/2023. (jpg)

Editor : Yosep