25 radar bogor

Kinerja OPD Bakal Dievaluasi, Pj Bupati Bogor Minta Gercep Selesaikan Program Kerja

Pj Bupati
Pj Bupati Asmawa Tosepu menyalami para ASN usai memimpin apel bersama tingkat Kabupaten Bogor, di Lapangan Setda, Selasa (16/4/2024).

CIBINONG-RADAR BOGOR, Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu menyebut bakal melakukan evaluasi kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Evaluasi ini untuk melihat sejauh mana penyerapan anggaran.

Baca Juga : Kunjungi Parung Panjang, Pj Bupati Bogor Sidak Kantong Parkir Truk Tambang

“Evaluasi secara keseluruhan, bukan hanya kepala dinasnya, tetapi juga pejabat di bawahnya. Mulai level pengawas sampai pada administrator dan kepala PD itu sendiri,” kata Pj Bupati saat memimpin apel bersama tingkat Kabupaten Bogor, di Lapangan Setda, Selasa (16/4/2024).

Menurutnya, pertengahan April saat ini sudah masuk triwulan kedua dan sebentar lagi semester pertama 2024 akan berakhir. Sehingga, penyerapan anggaran minimal sudah di angka 35-40 persen.

“Oleh karena itu kita perlu percepat, itu intinya. Karena APBD harus bisa kita jalankan untuk kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Pj Bupati pun meminta seluruh ASN lingkup Pemkab Bogor untuk melakukan percepatan pelaksanaan program kegiatan tahun 2024. Dengan begitu kemajuan pembangunan Pemkab Bogor dan kesejahteraan masyarakat dapat terwujud.

“Apel pagi hari ini saya memberikan penekanan sekaligus mengingatkan kembali bahwa APBD itu adalah instrumen yang digunakan dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan. Maka prioritas fokusnya bagaimana percepatan pelaksanaan program kegiatan yang ada dalam APBD Kabupaten Bogor tahun 2024. Program kegiatan di sana sudah jelas untuk kemaslahatan umat, untuk kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan, percepatan pelaksanaan kegiatan tidak terlepas dari ketentuan peraturan perundangan yang berlaku, artinya mengikuti mekanisme dan tahapan yang dilaksanakan secara benar.

“Tetap mengikuti rule, dilaksanakan dengan benar outputnya jelas untuk kepentingan masyarakat,” sebutnya.

Lebih lanjut, Pj Bupati Asmawa menyebut untuk tingkat kehadiran hari pertama kerja setelah cuti bersama hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah ini cukup baik. Sejumlah OPD telah hadir sesuai jam kerja yang ditetapkan.

Baca Juga : Ingat! Kantor Pelayanan di Kabupaten Bogor Tetap Buka, Pj Bupati: Harus Optimal

“Yang hadir sekretariat daerah, ditambah kepala OPD dan camat. Camat hadir semua, kepala OPD hadir semua, dan sekretariat daerah hadir semua, kecuali yang memang sedang WFH. Karena pemberlakuannya kombinasi ada yang WFO dan WFH,” jelasnya. (rp1)

Reporter : Fikri Rahmat Utama
Editor : Yosep