25 radar bogor

Gempa M 4,7 Guncang Bayah Banten, Terasa Hingga ke Bogor

Ilustrasi gempa bumi
Ilustrasi gempa bumi

BANTEN-RADAR BOGOR, Wilayah Bayah, Banten dan sekitarnya diguncang gempa bumi tektonik, Selasa (16/4/2024) pukul 10:18 WIB dan terasa hingga ke Bogor.

Baca Juga : Puncak Arus Balik, Waspada Bibit Siklon Tropis. Begini Penjelasan BMKG!

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M=4,7. Episenter terletak pada koordinat 7.37 LS dan 106.07 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 52 km Barat Daya Bayah, Banten pada kedalaman 18 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar bawah laut,” kata Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hartanto dalam keterangan tertulisnya.

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, dirasakan di wilayah Cigaru dan Bayah dengan Skala Intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

Kemudian, di Kalapanunggal, Pelabuhan Ratu, Cibadak, Surade dan Ciracap dengan Skala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut.

“Hingga pukul 11:01 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya dua aktivitas gempa bumi susulan. Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” terang Hartanto.

Baca Juga ;Gempa Tektonik Guncang Kota Bogor, Akibat Aktivitas Sesar Aktif

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @bmkgwilayah2 atau @infoBMKG), website (http://bbmkg2.bmkg.go.id/ atau http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id).), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg. (*)

Editor ; Yosep