25 radar bogor

Komisi III Ingatkan Pemkot Bogor Tak Gegabah Jalankan Angkot Listrik

Ketua Komisi III DPRD Kota Bogor, Zenal Abidin, menyoroti uji coba angkot listrik yang akan berlangsung pada Kamis (4/4/2024).

BOGOR-RADAR BOGOR, Ketua Komisi III DPRD Kota Bogor, Zenal Abidin, menyoroti uji coba angkot listrik yang akan berlangsung pada Kamis (4/4/2024).

Zenal Abidin menilai, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor terlalu gegabah dalam menjalankan program angkot listrik ini.

Sebab, berdasarkan hasil rapat kerja antara Komisi III DPRD Kota Bogor dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor.

Zenal mengungkapkan kesiapan untuk pelaksanaan program angkot listrik masih belum maksimal.

“Kami minta Pemkot tidak gegabah ya. Karena dari kesiapannya saja belum memadai, mulai dari stasiun pengisian, trayek dan angkot mana saja yang mau dihilangkan dan diganti menjadi angkot listrik,” kata Zenal, Jumat (29/3/2024).

Zenal menilai, program yang dijalankan oleh Dishub tidak memiliki target capaian yang jelas.

Semua program yang dijalankan selalu loncat dari satu ke yang satunya, padahal program-program yang sudah disusun didalam RKPD saja belum dilaksanakan.

Baca juga: INI dan IPPAT Kabupaten Bogor Berbagi Bareng Anak Yatim

Zenal meminta agar Dishub menyelesaikan dahulu program yang sudah disusun. Seperti program penambahan kantong parkir dan memantau program Biskita yang diinformasikan akan selesai masa kerjasamanya terkait subsidi dari pemerintah pusat mulai tahun depan.

“Ada hal-hal yang menjadi prioritas yang harus diselesaikan. Pertama menyediakan kantong parkir, menaikkan sektor PAD karena ada 3 kantong pendapatan yang hilang di tahun ini dan program subsidi Biskita yang akan berakhir di tahun depan. Jadi Dishub harus fokus,” tandas Zenal Abidin.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Bogor akhirnya secara resmi mengumumkan waktu dimulainya uji coba angkot listrik, yang akan berlangsung pada Kamis (4/4/2024).

Pernyataan itu disampaikan, setelah Dinas Perhubungan Kota Bogor dan pihak PLN menyelesaikan segala persiapan pengujicobaan angkot listrik tersebut.

Wali Kota Bogor, Bima Arya mengatakan akan ada 5 armada angkot listrik yang akan beroperasi di masa uji coba tersebut.

Angkot listrik ini akan melayani rute Cidangiang, Tugu Kujang, Suryakencana, Bondongan, Empang, Mall BTM, mengitari SSA dan kembali ke Cidangiang.

Bima menyebut angkot listrik ini tidak akan berhenti secara sembarangan seperti halnya angkot konvensional melainkan bakal berhenti di titik-titik yang sudah ditentukan.(ded)

Penulis: Dede
Editor: Rany Puspitasari