25 radar bogor

Angkot Kota Bogor Mulai Dihiasi Sticker Cawalkot, Dishub: Masih Aman Sesuai Aturan

Angkot Kota Bogor Mulai Dihiasi Sticker Cawalkot. Fatur/Radar Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR, Riak Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) mulai terasa di Kota Bogor.

Wajah para bakal calon Wali Kota Bogor mulai mejeng di sudut kota. Bukan saja di billboard dan videotron, nama dan muka mereka pun turut mewarnai kaca belakang angkot.

Sejumlah trayek angkot di Kota Bogor tampak terpasang sticker sosialisasi para tokoh yang telah mendeklarasikan diri maju menggantikan Wali Kota Bima Arya.

Wajah dan nama yang banyak terlihat di antaranya Sendi Fardiansyah dan Jenal Muttaqin.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor, Marse Hendra Saputra mengatakan, dari segi keamanan, pemasangan sticker pada angkot diperbolehkan asalkan menaati persyaratan yang telah ditentukan.

“Indikatornya terdapat pada Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Keselamatan Lalu Lintas. Selama masih memenuhi persyaratan 70 persen cahaya masuk tetap boleh,” jelasnya saat ditemui Radar Bogor, Jumat (29/3/2024).

Baca juga: Masa Jabatan Berakhir April, Ini Tiga Kandidat Pj Wali dan Wakil Wali Kota Bogor Pengganti Bima-Dedie

Menurut dia, kebanyakan sticker bakal calon Wali Kota yang terpasang merupakan sticker 1 arah dan berbentuk bolong-bolong sehingga masih memungkinkan cahaya masuk ke dalam angkot.

“Jadi secara aturan di Kota Bogor masih aman. Tidak ada masalah dari sisi keselamatan. Asal jangan di pasang di lacam depan. Karena banyak juga angkot yang digunakan sebagai media iklan tinggal perizinannya saja,” ujar Marse.

Untuk memastikan hal tersebut, Marse berjanji pihaknya akan kembali melakukan pemeriksaan pada angkot-angkot Kota Bogor yang terpasang sticker sosialisasi. (Fat)

Penulis: Reka Faturachman
Editor: Rany Puspitasari