25 radar bogor

Indonesia Sukses Tundukan Vietnam, Pelatih Philippe Troussier Langsung Dipecat

Timnas Indonesia
Selebrasi pemain Timnas Indonesia Jay Idzes usai menjebol gawang Vietnam, dalam pertandingan lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Grup F di My Dinh Hanoi, Vietnam.

VIETNAM-RADAR BOGOR, Timnas Indonesia sukses menundukan tuan rumah Vietnam dalam pertandingan lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Grup F di My Dinh Hanoi, Vietnam, Selasa (26/3/2024) malam. Tim asuhan Shin Tae-yong menang dengan skor 3-0.

Baca Juga : Timnas Indonesia Menang, Debut Jaz Idzes Memukau. Follower Bertambah!

Dua dari tiga gol Timnas Indonesia dicetak pemain naturalisasi Jay Idzes pada menit 9 dan Ragnar Oratmangun pada menit 23. Satu gol lainnya dicetak Ramadhan Sananta pada menit 90+8.

Indonesia sekarang berada di posisi kedua dengan tujuh poin, sementara Irak berada di puncak klasemen dengan 12 poin, Vietnam berada di posisi tiga dengan tiga poin, dan Filipina berada di posisi terbawah dengan satu poin.

Dengan dua pertandingan tersisa, melawan Iraq dan melawan Filipina, Timnas Indonesia hanya membutuhkan tiga poin lagi untuk lolos ke fase ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, yang juga otomatis lolos ke Piala Asia 2027.

Sementara itu, kegagalan Vietnam menghadapi Indonesia membuat Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) mengakhiri kontrak Pelatih Philippe Troussier. Pelatih asal Prancis tersebut dipecat dua jam setelah Vietnam dikalahkan 0-3 oleh Indonesia di Stadion My Dinh.

Setelah kekalahan atas Indonesia, VFF memanggil Phillipe Troussier dan bertemu di markas VFF. Setelah pertemuan mereka di markas VFF, Sekretaris Jenderal Duon Nghiep Khoi mengatakan kepada VnExpress bahwa kontrak Troussier berakhir.

“Kami baru saja melakukan pertemuan dengan Pelatih Troussier. Kedua belah pihak sepakat untuk mengakhiri kontrak mulai 26 Maret 2022,” katanya.

Dalam pertemuan tersebut, Troussier meminta maaf kepada pemain, klub, federasi, dan fans Vietnam atas pencapaian tim yang tidak sesuai ekspektasi.

Dalam tanggapannya, VFF berterima kasih atas upaya dan kontribusi Troussier dan mendoakan kesehatan dan kebahagiaan baginya dan keluarganya.

Phillppe Troussier sendiri memulai memimpin Timnas Vietnam sejak Februari 2023, dengan kontrak yang berlaku hingga 31 Juli 2026. Dia memulainya dengan Timnas U-23 dan Timnas senior.

Selain itu, ia memiliki tujuan untuk mendapatkan medali emas di SEA Games dan mencapai babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026.

Pelatih asal Prancis ini memulai dengan baik dengan memenangkan tiga pertandingan persahabatan berturut-turut melawan Hongkong (1-0), Syria (1-0) dan Palestina (2-0). Namun, Vietnam mulai kehilangan arah setelah itu, menderita 10 kekalahan dalam 11 pertandingan. Satu-satunya kemenangan Vietnam dalam pertandingan melawan Filipina di zona Asia Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Baca Juga : Jersey Timnas Indonesia Resmi Diluncurkan, Ini Penampakan Perdananya

Di antara sepuluh kekalahan tersebut, salah satunya ketika Korea Selatan dikalahkan 0-6, dan dua kekalahan berturut-turut melawan Indonesia, peluang mereka untuk lolos ke babak selanjutnya di zona Asia Kualifikasi Piala Dunia 2026 semakin berkurang. (jpg)

Editor : Yosep