25 radar bogor

Mengenal Masjid Agung Baitul Faizin, Ikon Kabupaten Bogor dan Wujud Nyata Slogan Tegar Beriman

Mengenal Masjid Agung Baitul Faizin, Ikon Kabupaten Bogor. Hendi/Radar Bogor

CIBINONG-RADAR BOGOR, Setiap daerah memiliki tempat ibadah yang dijadikan ikon. Termasuk Kabupaten Bogor yang memiliki salah satu ikon berupa masjid. Masjid ini bernama Masjid Agung Baitul Faizin.

Masjid Agung Baitul Faizin merupakan salah satu masjid terbesar di Kabupaten Bogor yang didirikan 1992 kemudian di renovasi tahun 2017.

Masjid Agung Baitul Faizin terletak di Jalan Tegar Beriman, No. 2, Tengah, Cibinong. Lokasinya tepat berada di dalam kompleks kantor pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Bogor.

Berdiri di dalam kompleks Pemda, membuat saat sholat di sini akan sering menemukan pegawai negeri yang ikut melaksanakan ibadah.

Namun bukan berarti, hanya pegawai Pemda yang bisa datang di masjid ini.

Masjid ini tetap sering dikunjungi jamaah dari sekitar masjid. Bahkan sering ramai saat dilaksanakannya Sholat Jumat pada setiap pekannya.

Berdiri sebagai salah satu icon Kabupaten Bogor. Masjid ini juga memiliki kaitan dengan slogan Kabupaten Bogor yaitu Tegar Beriman.

Baca juga: Masjid Agung Memasuki Tahap Finishing, Bakal Diresmikan 17 Ramadan 1445 H

Kaitannya, yaitu motto Tegar Beriman itu terwujud secara nyata dengan adanya Masjid Agung Baitul Faizin tempat ibadah yang berada di pusat Pemda. Baitul Faizin sendiri berarti tempat bagi pemenang.

Kalimat Tegar Beriman sendiri merupakan singkatan dari tertib, segar, bersih, indah dan mandiri. Ini menunjukkan Kabupaten Bogor mengusung budaya yang asri dan tertib.

Namun bila secara harfiah, Tegar Beriman juga diartikan sebagai berpegang teguh, kokoh, dan kuat dalam mempertahankan serta menjalankan keimanan yang dianut.

Pada saat bulan Ramadan seperti saat ini, ada sejumlah kegiatan yang dilakukan sepanjang bulan.

Pengurus DKM Masjid Edi Junaedi mengatakan, saat Ramadan, mereka menggelar berbagai kegiatan seperti buka puasa bersama, tarawih, kultum sebelum tarawih.

“Pemkab juga sebagai penanggung jawab masjid ini telah membuat imbauan agar setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk memakmurkan masjid,” katanya.

Menurutnya, setiap bulan Ramadan jamaah masjid meningkat setiap harinya.

Bila melihat kondisi tahun lalu Masjid tiga lantai ini dapat menampung 500-1000 jamaah setiap harinya untuk mengisi sholat wajib maupun tarawih.

“Memang mengalami peningkatan setiap tahunnya di masjid ini, apabila memasuki bulan Ramadan,” ungkapnya.

Selain buka bersama dan tarawih, Masjid Agung Baitul Faizin ini akan menggelar juga tadarus Al-Qur’an, kultum setelah sholat zhuhur, Nuzulul Quran, Itikaf, dan qiyamullail.

“Masjid Agung Baitul Faizin juga membuka zakat fitrah, serta apabila kondisi lapangan tidak memungkinkan maka sholat Idul Fitri akan diarahkan juga ke sini,” ujar Edi. (rp1)

Penulis: Fikri
Editor: Rany Puspitasari