25 radar bogor

Masjid Agung Memasuki Tahap Finishing, Bakal Diresmikan 17 Ramadan 1445 H

Masjid Agung
Proses finishing Masjid Agung Kota Bogor. FOTO : REKA/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Proses pembangunan Masjid Agung Kota Bogor akhirnya memasuki tahap finishing (penyelesaian). Sejumlah pekerjaan perapian pun dikebut langsung oleh 3 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Bogor.

Baca Juga : Salat Tarawih di Masjid Agung Kota Bogor, Bakal Diisi Imam dan Qori Nasional

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bogor, Rena Da Frina mengatakan saat ini pihaknya melakukan pekerjaan finishing meliputi pengaspalan area gerbang dan pembersihan lingkungan sekitar Masjid Agung.

“Sebenarnya progresnya sudah beres 100 persen. Pekerjaan perapian yang dilakukan saat ini tidak termasuk dalam item pengerjaan dari pihak ketiga. Pekerjaan itu yang kami laksanakan,” ujarnya saat ditemui Radar Bogor, Selasa (26/3/2024).

Selain pengaspalan oleh Dinas PUPR, Rena menyebut akan ada pengisian pot-pot masjid dengan tanah, pemasangan tanaman, dan penanaman rumput kembali yang akan dilakukan oleh Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperumkim) Kota Bogor.

Selain itu akan ada pula penyemprotan pada bagian basement atau area parkir masjid yang akan dilakukan oleh personel Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Bogor.

“Sebelum hari ini kami dari Dinas PUPR juga sudah membuka pagar besi yang sebelumnya terpasang di sekeliling masjid. Sekarang hanya dibatasi water barrier untuk mencegah ada pengunjung masuk karena kami masih melakukan finishing. Kami juga bersihkan sampah-saampah dari pekerjaan proyek ini,” imbuh dia.

Pantauan Radar Bogor menunjukkan saat ini Masjid Agung sudah terintegrasi dengan kawasan Alun-alun dan juga Pasar Blok F. Sehingga para wisatawan dan pengunjung pasar bisa langsung masuk ke masjid dari pintu yang ada di sebelah kanan dan kiri.

Baca Juga : Masjid Agung Baitul Faizin Bogor Siapkan Kegiatan Ramadan, ASN Diminta Ramaikan

Rena mengungkapkan proses finishing akan berlangsung dua hari ke depan. Masjid yang sudah direvitalisasi sejak tahun 2016 itu akan diresmikan secara keseluruhan pada Kamis (28/3/2024) atau di momen Nuzulul Quran pada tanggal 17 Ramadan 1445 hijriyah. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep