25 radar bogor

Kunjungi Bogor, DPR Pastikan Pendaftaran Tanah Tak Timbulkan Masalah

Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tanjung melakukan kunjungan kerja (kunker) spesifik ke Kabupaten Bogor, untuk memantau program kegiatan pertanahan.

CIBINONG-RADAR BOGOR, Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tanjung melakukan kunjungan kerja (kunker) spesifik ke Kabupaten Bogor, untuk memantau program kegiatan pertanahan.

Komisi II DPR juga ingin memantau perkembangan kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kabupaten.

“Kunker DPR ini dilakukan untuk melihat secara langsung hal atau masalah apa yang sampai saat ini masih muncul berkaitan dengan soal pertanahan di Kabupaten Bogor,” katanya di Kantor BPN Cibinong, Selasa (25/3/2024).

Memantau perkembangan program PTSL ini dinilai penting, karena Kabupaten Bogor sangat luas sehingga rawan masalah.

Adanya kunker ini bisa melihat langsung program-program reforma agraria, kemudian redistribusi tanah.

Baca juga: Ramai Kekerasan Anak di Kabupaten Bogor, Komisi X DPR RI Minta Penjelasan Pj Bupati

“Saking luasnya bahkan kantor pertanahannya ada dua, mungkin di Indonesia cuma ini. Nah berkaitan soal itu program agraria pun penting untuk kita dengarkan perkembangannya,” ujarnya.

Dirjen Penatagunaan Tanah BPN RI Dalu Agung Gunawan menuturkan, beberapa hal yang dibahas melalui kegiatan ini seperti redistribusi tanah, yang merupakan bagian dari instrumen reforma agraria, yang satunya adalah legalisasi aset.

“Lalu seperti yang disampaikan sebelumnya yaitu perkembangan secara keseluruhan mengenai program PTSL,” tuturnya.

Lebih lanjut, dia berharap untuk mendukung percepatan reformasi agraria, tanah aset negara yang kini statusnya dikuasai oleh masyarakat maka harus segera dilepaskan.

“Ini untuk meningkatkan pemahaman baik mengenai aset negara juga program PTSL. Kami terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat secara masif di seluruh Indonesia,” imbuhnya. (rp1)

Penulis: Fikri
Editor: Rany Puspitasari