25 radar bogor

Maverick Vinales Rajai Balapan Sprint di GP Portugal, Hentikan Rekor Ducati

Maverick Vinales rajai balapan sprint MotoGP Portugal. (Instagram Maverick Vinales)

PORTIMAO—RADAR BOGOR, Pembalap Aprilia, Maverick Vinales merajai balapan sprint di Portimao, Portugal. Hasil itu membuat Maverick Vinales menghentikan 19 kemenangan beruntun Ducati di MotoGP.

Berada di posisi sepuluh besar di Qatar dua pekan lalu, Vinales mengungguli jagoan-jagoan Ducati; Enea Bastianini, Jorge Martin Marc Marquez, hingga Francesco Bagnaia, yang tiba-tiba melebar di tikungan 1 setelah melakukan kesalahan pengereman saat empat lap tersisa.

Baca Juga : Kalender MotoGP 2024, Kazakhstan Masuk Kalender MotoGP

“Sudah lama. Hari ini sangat sulit. Banyak pertempuran. Tapi itu perlombaan Sprint. Tentu saja saya sangat senang. Ini merupakan sebuah kelegaan yang sangat besar dan saya sangat senang bisa menunjukkan kepercayaan diri dan potensi besar yang kami miliki!” kata Vinales di Crash.

Ia menyebut pengereman dan ban adalah kuncinya. “Yang saya lihat perbedaannya, terutama dari Qatar dan sini, adalah saya bisa mengerem dengan baik dan bisa mendorong ban depan. Jadi saya bisa lebih kompetitif di mana pun di trek,” jelasnya.

Menurut Vinales, setelah kesalahan Bagnaia, ia langsung yakin bisa menang. “Pecco di awal sangat cepat.. Jadi ketika saya melihat kesalahannya, saya berkata, ‘Oke, jika saya terus membalap seperti ini, akan sulit bagi orang di belakang untuk menyalip saya,” bebernya.

“Pada akhirnya, sungguh luar biasa bisa meraih kemenangan pertama saya bersama Aprilia. Ini gila. Biasanya saya paling kesulitan dalam sprint, jadi meraih kemenangan dalam sprint adalah hal yang luar biasa,” tegasnya.

Kemenangan ini memberi Vinales kepercayaan diri menyambut balapan utama malam nanti. “Tentunya untuk meraih kemenangan bergantung pada banyak hal. Tapi kami punya peluang untuk melakukannya dan itu luar biasa,” katanya.

Baca Juga : Brasil Kalahkan Inggris, Ini Hasil Uji Coba Internasional Lainnya

“Sekarang saya hanya ingin masuk ke dalam box, mencoba meningkatkan beberapa hal dan bersiap untuk karena ini akan menjadi balapan yang panjang. Saya pikir ban belakang akan sangat penting, jadi kami harus benar-benar memahami apa yang kami butuhkan untuk balapan jarak jauh,” tandasnya. (fjr)

Editor : Ruri Ariatullah