25 radar bogor

Sungai Ciliwung Dipenuhi Buih, Pemkot Bogor Telusuri Sumbernya

Sungai Ciliwung
Kondisi Sungai Ciliwung di wilayah Kedung Halang Kota Bogor yang dipenuhi buih. Foto: Tangkapan layar video kiriman Suparno Jumar

BOGOR-RADAR BOGOR, Pemerintah Kota Bogor berjanji akan menelusuri sumber timbulnya busa di aliran Sungai Ciliwung yang tampak pada Sabtu (23/3/2024).

Baca Juga : Sungai Ciliwung di Kota Bogor Dipenuhi Buih, Satgas : Ini Kasus Baru

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim mengatakan dirinya sudah menugaskan Dinas Lingkungan Hidup untuk melakukan pemetaan untuk melihat fakta yang terjadi di Sungai Ciliwung.

“Ini dilakukan untuk mengetahui apakah busa ini berasal dari limbah industri atau sisa detergen yang sudah lama mengendap lalu karena cuaca terik dan turun hujan maka busa itu kemudian timbul,” ujar Dedie saat ditemui Radar Bogor, Sabtu (23/3/2024).

Ia pun belum bisa memastikan apakah busa putih yang sempat menutupi permukaan sungai tersebut berbahaya atau tidak. Meski begitu, dirinya berjanji akan terus melakukan monitoring di sepanjang Sungai Ciliwung.

Dedie juga mendorong masyarakat untuk turut aktif melaporkan apabila terjadi adanya pelanggaran aturan yang mengakibatkan adanya pencemaran di Sungai Ciliwung.

Baca Juga : Lewat Bertasbih, Dedie dan Yantie Rachim Berbagi Cinta Dengan Influencer

“Tapi kalau untuk busa ini kemungkinannya bisa dari detergen atau bahan kimia yang berbahaya. Kalau terbukti itu limbah tentu ada deliknya, ada aturannya ada pasal-pasalnya. Kalau memang ternyata sifatnya limbah yang berbahaya B3 misalnya, itu ada konsekuensi hukumnya,” tegas Dedie. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep