25 radar bogor

Mudik Gratis 2024 Kemenhub Kembali Digelar, Ini Jadwal dan Cara Daftarnya

Ilustrasi mudik gratis
Ilustrasi mudik gratis

JAKARTA-RADAR BOGOR, Tahun ini, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali mengadakan mudik gratis untuk lebaran. Pendaftaran dibuka hingga 3 April, atau sampai kuota tersedia.

Baca Juga : Panduan Ramadan dan Idulfitri 1445 H : Tarawih dan Tadarus Pakai Pengeras Suara Dalam

Informasi soal mudik gratis itu disampaikan Kemenhub melalui akun Instagram @ditjenhubdat pada Rabu (6/3/2024), “Kuota dibuka secara bertahap. Setiap harinya pendaftaran dibuka pukul 08.00 WIB,” tulis akun tersebut.

Kuota mudik gratis 2024 untuk penumpang adalah 30.088 orang, dan kuota mudik sepeda motor adalah 900. Ada 592 bus yang pergi ke 33 kota, dan 130 bus yang pergi ke 9 kota asal. Bus arus mudik berangkat dari 6 April hingga 7 April 2024, dan arus balik berangkat 15 April.

Selain jalur darat, Kemenhub juga menyediakan transportasi laut untuk mudik gratis dari 3 April hingga 17 April 2024, dengan kuota 9.800 penumpang dan 4.800 kendaraan.

Baca Juga ; Sambut Ramadan, Cafe Ropang OTW Parung Bogor Bakal Gelar Tournament Mobile Legend dan Tawarkan Promo Spesial

Nah, bagi anda yang ingin mendaftar mudik gratis Kemenhub, bisa mengakses aplikasi mobile “MitraDarat” untuk pendaftaran secara online. Berikut caranya :

  1. Calon pemudik melakukan login pada aplikasi MitraDarat dengan memasukkan email Google
  2. Memasukkan nomor telepon (WhatsApp) dan masukkan kode OTP, jika diminta.
  3. Jika login sudah berhasil, maka akan muncul halaman utama aplikasi MitraDarat
  4. pilih tab “event” untuk lihat menu Mudik Gratis.
  5. Untuk melakukan pemesanan tiket mudik gratis, calon pemudik dapat memilih menu “Mudik Gratis” pada aplikasi MitraDarat
  6. Pilih lokasi keberangkatan dan tujuan mudik, kemudian pilih armada bus yang sesuai
  7. calon pemudik mengisi data diri
  8. Pemesanan tiket diakhiri dengan meng-klik tombol “Selesaikan Pemesanan”. (jpg)

Editor : Yosep