25 radar bogor

Jelajahi Curug Cikawah Bogor, Serunya Mandi Air Panas dan Air Dingin Sekaligus

Curug Cikawah yang berada di Desa Ciasmara, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16810.

BOGOR-RADAR BOGOR, Satu lagi destinasi wisata alam di Bogor yang masih sangat alami, karena belum terlalu banyak wisatawan berkunjung, yakni Curug Cikawah di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS).

Curug Cikawah ini terbilang unik dan tergolong masih sepi. Dimana, air terjun dan kawah aktif berada dalam satu kawasan. Di sini, kamu bisa merasakan sensasi mandi air dingin dan air hangat sekaligus.

Curug Cikawah Pamijahan ini bisa jadi alternatif kamu untuk berwisata bersama teman-teman dan keluarga tercinta. Selain indah, curug ini juga unik lantaran memiliki dua jenis air, yaitu air hangat dan air dingin.

Baca Juga: Serunya Camping Ground Bumi Perkemahan Sukamantri, Jelajah Hutan Hingga Wisata ke Curug Suryakencana

Curug Cikawah ini berada di Desa Ciasmara, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16810. Lokasinya terbilang jauh dari pusat kota Bogor dengan membutuhkan waktu perjalanan selama 1 jam untuk sampai lokasi curug.

Curug Cikawah bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi dengan melewati rute Cibubur- Cileungsi – Citeureup – Sirkuit Sentul – Jl. Raya Bogor, Yasmin-Bubulak – IPB Darmaga – Pertigaan Cibatok – Pertigaan Cemplang – Desa Cibitung – Desa Ciasmara – Air Panas/Curug Cimanglid/Curug Cikawah.

Curug Cikawaini memiliki banyak pesona yang dapat dinikmati, mulai dari udaranya segar hingga air hangatnya menenangkan. Ari terjun Curug Cikawah memiliki ketinggian 45 meter dengan kedalaman air hampir 2 meter.

Baca Juga: Pacu Adrenalin Lewat Wisata Paralayang, Nikmati Keindahan Puncak dari Ketinggian

Curug ini kelilingi oleh kawah-kawah kecil yang masih aktif. Uniknya, air yang jatuh dari curug ini terasa dingin, tapi setelah mengalir kebawah airnya terasa panas karena melintasi kawah.

Inilah yang menjadi daya tarik utama bagi wisatawan. Kamu akan dimanjakan dengan pemandangan air yang mengalir pada hamparan bebatuan. Air mengalir menyerupai air terjun kecil yang bisa digunakan untuk membasuh tangan atau kaki sambil menikmati kesegaran air khas pegunungan Salak.

Selain tumpukan bebatuan, kamu akan melihat kepulan asap belerang, dan barisan hijau pepohonan. Kamu pasti akan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan.

Curug Cikawah ini memang masih memiliki fasilitas umum yang minim dan belum tertata dengan baik. Medan jalan menuju ke Curug Cikawah juga sedikit menguras tenaga. Namun kondisi tersebut pasti sangat menyenangkan bagi kamu yang memiliki jiwa petualang.

Meski begitu, ada fasilitas umum disekitaran pemukiman terdekat. Kamu bisa menggunakan fasilitas berupa Area Parkir, Toilet, dan Mushola. Tiket Masuk ke Curug Cikawah juga masih tergolong murah.(***)