25 radar bogor

Demo di Tugu Kujang Bogor, Puluhan Budayawan Desak Pemakzulan Jokowi

Budayawan
Puluhan budayawan yang mengatasnamakan diri sebagai Sunda Bergerak menggelar aksi demonstrasi di Tugu Kujang Kota Bogor pada Jumat (1/3/2024). REKA/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Puluhan budayawan yang mengatasnamakan diri sebagai Sunda Bergerak menggelar aksi demonstrasi di Tugu Kujang Kota Bogor pada Jumat (1/3/2024).

Baca Juga : Bertahun-tahun Tinggal di RTLH, Nenek Jusnar Menanti Bantuan Pemkot Bogor

Dalam aksi itu, para budayawan mendeklarasikan sikap politiknya yang condong pada pemakzulan Presiden Joko Widodo. Hal itu mereka sampaikan lantaran menganggap Presiden Jokowi telah melanggar banyak peraturan.

Perwakilan Peserta Aksi, Raden Aceh Sumanta menyebut Presiden Jokowi telah melanggar konstitusi, sumpah jabatan, dan melanggar Undang-undang Republik Indonesia Nomor 28 tahun 1999 Tentang Penyelanggaraan Negara yang bersih dan bebas dari Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme.

“Presiden Jokowi juga telah menyalahgunakan kekuasaan pada Pemilh 2024. Selain itu penyelenggaraan dan aparatur negara jugabtelah terjebak melayani ambisi Presiden Jokowi untuk membangun dinasti,” ucap dia.

Para budayawan peserta aksi menuntut sejumlah poin dalam gerakan tersebut. Pertama, mereka mendesak para ketua Partai Politik untuk mengintruksikan para kadernya di DPR RI segera melaksanakan hak angket untuk memakzulkan Jokowi.

Kedua, Raden mengatakan mereka menuntut TNI, Polri, MA, dan MK untuk sadar dan berpihak pada masyarakat bukan malah menjadi alat kekusasaan.

“Kami juga mendesak para ketua partai untuk segera menarik para menteri di kabinet Jokowi untuk delegitimasi sebagai tahapan pengondisian pemakzulan,” terangnya.

Setelah puas berorasi di Tugu Kujang, sebanyak 75 budayawan peserta aksi itu kemudian berangkat menuju Gedung DPR RI dan MPR untuk menggelar aksi serupa.

Baca Juga : Kasus TBC di Kota Bogor Tertinggi Se-Jawa Barat, Sekda Minta Gencarkan Aksi Geulis

“Kami akan berangkat ke DPR RI dan MPR untuk mendorong agar mereka tetap bersikukuh melaksanakan konstitusinya. Kami membangun solidaritas sehingga bisa menciptakan negara yang diharapkan,” tegas dia.

Bukan saja dari Kota Bogor, para peserta aksi yang juga berasal dari wilayah Kabupaten dan Kota Sukabumi, serta Cianjur. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep