25 radar bogor

Berikut Analisis Pengamat Politik UI pada Pileg di Dapil 3 Jawa Barat, Nama Ini yang Potensi Terpilih ke Senayan Wakili Kota Bogor dan Cianjur

Eddy Soeparno
Caleg PAN Eddy Soeparno dan Yane Ardian

BOGOR-RADAR BOGOR, Pengamat Politik Universitas Indonesia (UI) Aditya Perdana memaparkan hasil analisisnya terkait dinamika Pemilihan Legislatif (Pileg) di Dapil 3 Jawa Barat, untuk Kota Bogor dan Cianjur.

Di mana, di antara caleg petahana yang menurut Aditya diprediksi lolos ke Senayan untuk Dapil 3 Jawa Barat, salah satunya adalah Sekjen PAN Eddy Soeparno.

Sedangkan untuk caleg pendatang baru yang diprediksi mendapatkan kursi di Dapil 3 Jawa Barat, adalah Kamarussamad, dari Gerindra dan Ilham Permana dari Golkar.

Menanggapi hal ini, Eddy Soeparno angkat suara terkait perolehan suaranya yang lebih unggul dari isti Bima Arya, Yane Ardian.

Dirinya mengaku saat ini masih fokus memantau perhitungan suara partai untuk memastikan PAN kembali mendapat kursi di DPR RI dari Dapil Jawa Barat 3, termasuk kursi di Provinsi dan Kabupaten/Kota.

“Sampai saat ini fokus saya adalah memantau seluruh tahapan rekapitulasi perhitungan suara untuk PAN secara nasional yang saat ini masih berjalan. Khusus dapil saya, Jabar 3, tentu prioritas utama adalah mempertahankan kursi PAN,” kata Eddy Soeparno, Selasa (27/2).

“Jadi sampai saat ini saya berfokus untuk mengawal proses perhitungan suara di seluruh dapil secara nasional, sekaligus memastikan kursi PAN di Jabar 3 tetap dipertahankan,” sambung dia.

Adapun, pimpinan Komisi VII DPR RI ini menyampaikan sampai saat ini belum sempat melihat perolehan suara Caleg lainnya dan menyerahkan proses rekapitulasi suara di dapilnya kepada Tim Pemenangan di Kota Bogor dan Cianjur.

Baca juga: Perebutan Kursi Senayan di Dapil Jawa Barat 3 Sengit, Pengamat: Eddy Soeparno Peluang Besar Terpilih Kembali, Kursi Golkar dan Gerindra Potensi Naik

“Saya telah memandatkan tim untuk menjaga dan mengamankan perolehan suara PAN di Jabar 3 di setiap jenjang perhitungan. Intinya bukan hanya memantau suara orang per orang tapi mengutamakan suara partai secara keseluruhan yang menjadi syarat konversi menjadi kursi di parlemen,” ucapnya.

Pada kesempatan ini, Eddy mengingatkan bahwa tahapan rekapitulasi suara, termasuk di Dapil 3 Jawa Barat, adalah proses yang tidak mudah.

Karena membutuhkan ketelitian sekaligus pengawasan menyeluruh, serta membutuhkan kerja sama seluruh saksi dan relawan Dapil 3 Jawa Barat. (ded)

Penulis: Dede
Editor: Rany Puspitasari