25 radar bogor

Warga Cijeruk Diimbau Waspada Bencana Longsor, Pemcam Cijeruk Pastikan Bantuan Korban

Kondisi rumah korban bencana longsor di Cijeruk, Kabupaten Bogor

CIJERUK-RADAR BOGOR, Pemerintah Kecamatan Cijeruk memastikan bantuan tanggap darurat bencana bagi korban longsor di Desa Palasari.

Korban longsor di sana, yaitu berdampak pada 3 rumah di Kampung Cijeruk RT 01/04 yang mengalami kerusakan, yakni tembok jebol pada bagian belakang, kamar mandi dan dapur.

Sedangkan korban longsor lainnya, menimpa satu rumah di Kampung Palasari RT 04/06 rusak pada atap rumah bagian belakang dan tembok jebol akibat terkena longsoran. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Camat Cijeruk, Sobar Mansoer mengatakan, keempat rumah tersebut telah ditangani dan dibersihkan warga dibantu pihak desa, BPBD dan Satpol PP.

Baca juga: Dua Rumah Milik Warga Citeureup Bogor Rusak Tertimbun Longsor Setinggi 10 Meter, Dua Keluarga Mengungsi

“Bekas tebing yang longsor sudah ditangani dan dibersihkan, bahkan Pemkab Bogor sudah memberikan bantuan tanggap darurat berupa bahan makanan dan terpal untuk menutup longsoran,” ucapnya, Senin (19/2).

Sobar menyatakan, peristiwa tersebut murni disebabkan faktor cuaca ekstrem yang menimpa wilayah Bogor dan sekitarnya dalam beberapa waktu terakhir.

“Disebabkan hujan lebat yang menimpa wilayah Cijeruk beberapa hari terakhir,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Palasari, Aip Syarifudin membenarkan ada sebanyak 4 rumah warganya yang mengalami kerusakan imbas bencana tersebut.

“Alhamdulillah bantuan terpal dan bahan bahan makanan sudah diterima warga langsung dari Pemkab Bogor melalui BPBD,” jelas Aip.

Namun demikian, lanjut Aip, keempat rumah tersebut masih bisa ditempati dan dinyatakan aman oleh petugas sehingga tidak perlu direlokasi.

Dengan cuaca ekstrem ini, pihaknya meminta kepada warganya untuk tetap waspada terhadap bencana alam, terkhusus longsor.

“Saya mengimbau warga selalu waspada bencana longsor maupun angin kencang, karena saat ini masih musim penghujan,” imbaunya.(cok)

Penulis: Septi
Editor: Rany Puspitasari