25 radar bogor

PPLI Targetkan 2024 Zero Accident dan Zero Fatality

Salah satu kegiatan K3 yang dilakukan PT PPLI sekaligus menargetkan zero Accident dan Zero Fatality 2024, foto: humas PPLI for Radar Bogor

KLAPANUNGGAL-RADAR BOGOR, PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI) terus meningkatkan perhatian, terhadap kesehatan, dan keselamatan setiap karyawannya dengan target Zero Accident dan Zero Fatality.

“Bulan K3 2024 ini kami membangun kesadaran setiap individu pekerja untuk menaati ketentuan keselamatan kerja. Yang pertama kita bikin safety slogan competition untuk membangun kesadaran karyawan akan pentingnya keselamatan kerja,” ungkap Manager K3, Agus Kartiwan di sela-sela apel tim emergency response PPLI, Selasa (13/2).

Departemen K3 PPLI juga membuat penilaian setiap departemen yang ada di perusahaan milik perusahaan asal negeri Sakura Jepang, DOWA Ecosystem Co ltd dalam menerapkan keselamatan kerja.

“Apakah ada kecelakaan kerja, pelanggaran keselamatan, ada berapa safety reminder di rilis oleh departemen terkait. Semua dinilai,” ucapnya.

Baca juga: Ribuan Sumur Warga Nambo Kering, PPLI Salurkan 320 Ribu Liter Air Bersih

Agus mengungkapkan, pihaknya juga melakukan audit internal di semua departemen lalu diumumkan departemen yang memiliki performa terbaik dalam pelaporan terkait insiden yang terjadi, temuan, penanganan, dan lain-lain.

Sedangkan terkait kesehatan kerja, PPLI melakukan kegiatan donor darah rutin.

“Selain itu dilakukan General Check up bagi seluruh karyawan guna memastikan seluruh karyawan dalam kondisi kesehatan yang baik,” terangnya.

Disinggung mengenai fasilitas K3 yang dimiliki PPLI, Agus menjelaskan semua sudah dimiliki mulai dari fire engine, fire truck, ambulance rescue,  sprinkler, ring boy, dan berbagai alat emergency.

“APAR (alat pemadam api ringan) dan alarm pun sebagai alat antisipasi serta pengingat awal terhadap potensi kebakaran tersedia di seluruh kawasan PPLI,” katanya.

Bahkan PPLI juga melakukan management review untuk sistem K3 yaitu ISO 45001, tentang lingkungan di ISO 14001 dan quality management system untuk ISO 9001.

“Kita targetkan tahun 2024 ini kami bisa zero accident, zero LTI (Lost Time Injury), zero fatality, zero MTI (Medical Time Injury), zero spill, dan zero fire,” ungkapnya.(Abi)

Penulis: Jaenal
Editor: Rany Puspitasari