25 radar bogor

Mengenal Keindahan Pulau Kunti Sukabumi yang Kini Tidak Boleh Lagi Dikunjungi Wisatawan

Pulau Kunti yang masuk kawasan Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGGp) di Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, sudah terlarang bagi wisatawan.

BOGOR-RADAR BOGOR, Mulai awal 2024 ini, kawasan wisata Pulau Kunti yang masuk kawasan Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGGp) di Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, sudah terlarang bagi wisatawan.

Pulau Kunti masuk dalam wilayah kawasan Cagar Alam Cibanteng atau hutan margasatwa Cikepuh. Padahal, dua lokasi ini menjadi buruan wisatawan baik lokal maupaun mancanegara.

Larangan ini berdasarkan hasil rapat koordinasi tata kelola Pantai Pasir Putih dan pulau Kunti di kantor Desa Mandrajaya, pada akhir 2023 lalu.

Baca Juga: Warga Desak Agrowisata Gunung Mas Kelola Lahan Negara dengan Baik

Pualu Kunti ini terkenal akan keindahan sekaligus keunikannya di kawasan Geopark Ciletuh atau Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGGp).

Sudah sejak lama, Pulau Kunti ini jadi salah satu area favorit wisatawan lokal maupun mancanegara, tapi sayangnya mulai awal tahun 2024 ini wisatawan sudah tidak boleh lagi masuk.

Tidak hanya wisatawan, maupun masyarakat lokal pun dilarang masuk. Penutupan kawasan Pulau Kunti dilakukan berdasarkan hasil keputusan rapat koordinasi tata kelola Pulau Kunti dan Pantai Pasir Putih di kantor Desa Mandrajaya.

Baca Juga: Wisata Kampung Durian Rancamaya Bogor, Enaknya Mencicipi Sikempis dan Wajit

Rapat dihadiri Kepala Resort Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Cikepuh, Kepala Bagian ESDM Pemkab Sukabumi, Badan Pengelola CPUGGp, dan para pelaku usaha pariwisata di bidang terkait.

Keputusan penutupan kawasan Pulau Kunti dilatarbelakangi dengan fungsi area yang sejatinya masuk dalam kawasan Cagar Alam. Larangan yang diberlakukan diharapkan dapat meminimalkan dampak negatif terhadap pulau dan ekosistem sekitar.

Selain Pulau Kunti, satu area lain yang juga tidak boleh lagi dikunjungi wisatawan, yakni Pantai Pasir Putih. Pulau Kunti, merupakan dataran kecil di kawasan Geopark Ciletuh, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.

Nama Pulau Kunti ini diambil dari sosok setan asli Indonesia kuntilanak. Sementara sebutan kunti berasal dari suara tawa perempuan yang kerap terdengar di pulau tersebut.

Buat kamu yang ingin menjelajah keindahan Pulau Kunti dan mengetahui misteri di dalamnya, kini harus buang jauh-jauh. Sebab, pulau yang menyimpan segudang keindahan dan penuh misteri itu sudah tidak boleh lagi dikunjungi. (***)