25 radar bogor

Cobain Manis dan Legitnya Rasa Durian Jonggol Bogor, Harganya Terjangkau Mulai Rp 40 Ribuan

ILUSTRASI: Durian Jonggol, Kabupaten Bogor.

BOGOR-RADAR BOGOR, Tak hanya Durian Rancamaya, Jonggol merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Bogor, yang merupakan daerah penghasil durian. Durian Jonggol ini tidak kalah enak dan manisnya dengan Durian Rancamaya.

Jonggol merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Bogor, yang terletak di bagian timur. Selama ini, Jonggol juga dijadikan jalur alternatif menuju puncak Bogor.

Ketika musim durian tiba, di sepanjang Jalan Raya Jonggol banyak pedagang durian. Tidak sedikit wisatawan yang datang ke Jonggol untuk berburu buah durian.

Baca Juga: Tidak Terdaftar di Disbudpar Bogor, MUI Ciawi Telusuri Soal Paguyuban Sir Buni Kasih

Apalagi, Jonggol merupakan wilayah penghubung antara Bogor, Jakarta, Bekasi dengan Cianjur. Secara geografis, Jonggol terletak di dataran sedang dengan ketinggian (elavasi) 150 hingga 782 meter dpl dengan ketinggian rata-rata 295 meter dpl.

Selain sebagai daerah penghasil durian, potensi pertanian di kecamatan Jonggol cukup baik, seperti padi, buah-buahan, dan sayuran. Padi adalah komoditas paling maju dan paling baik di Jonggol.

Luas lahan untuk komoditas pertanian padi di Jonggol mencapai 1600 hektar dan rata-rata per hektare dapat menghasilkan tujun ton padi. Jonggol cukup terkenal dengan hasil perkebunan dan pertaniannya.

Baca Juga: Kondisi Terkini Anak Dianiaya Ayah Kandung di Bogor, Ketakutan dengar Suara Keras

Salah satunya durian Jonggol. Durian Jonggol memiliki ciri khas, yakni ukuran buahnya sedang, daging buahnya tidak terlalu tebal, rasanya manis dan legit.

Banyak orang dari daerah lain yang sengaja datang ke Jonggol untuk berburu buah durian, seperti dari Jakarta, Bekasi, dan Depok.

Durian Jonggol dijual disepanjang jalan mulai dari daerah Cileungsi sampai Jonggol, bahkan ada juga yang mencari durian sampai ke gunung Batu Jonggol.

Jika kamu berkunjung ke Jonggol, jangal lupa mampir ke kebunnya di Gunung Batu Jonggol. Sebab, kampung ini merupakan daerah penghasil durian yang cukup terkenal di Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Di sini banyak tumbuh pohon durian, pada muslim panen bisanya petani durian menjual hasil panennya pada pedagang buah disepanjang jalan Raya Jonggol-Cileungsi.

Harga durian Jonggol bervariatif, durian dengan ukuran sedang dijual dengan harga Rp 40 ribu hingga Rp 60 ribu. Namun, ada juga jenis durian Jonggol lain yang harganya sampai Rp 80 ribu – Rp 100 ribu perbuah.

Hampir sama dengan daerah lain, musim panen durian di Jonggol biasanya pada Desember hingga Maret setiap tahunnya. pada bulan-bulan tersebut banyak pedagang buah yang sudah menunggu petani durian.

Ada juga pedagang yang sudah memborong durian yang masih di atas pohon. Nah, buat kamu para pencinta durian buruan kepoin Durian Jonggol, apalagi bukan Februari 2024 ini masih musim durian. (***)

Editor: Alpin