25 radar bogor

BPBD Petakan TPS Rawan Bencana, Paling Banyak di Barat dan Utara

BPBD
Kondisi di pemukiman, Cisarua, Leuwiliang, Kabupaten Bogor, usai dilanda banjir bandang pada 23 Juni 2022 lalu. Menurut BPBD Kabupaten Bogor ada 24 kecamatan di Kabupaten Bogor masuk dalam peta rawan bencana alam. Foto Ilustrasi : Radar bogor / Hendi Novian

LEUWILIANG-RADAR BOGOR, BPBD Kabupaten Bogor merilis kecamatan di kabupaten yang berada dalam daerah rawan bencana.

Baca Juga : Bogor Rawan Bencana, BPBD Diminta Sosialisasi ke Masyarakat Soal Tanggap Bencana

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor M Adam Hamdani memaparkan, ada 24 kecamatan di kabupaten Bogor yang masuk peta rawan bencana alam.

Kecamatan kecamatan rawan bencana itu yakni, Kecamatan Tenjolaya, Kecamatan Sukajaya, Kecamatan Tenjo, Kecamatan Nanggung, Kecamatan Jasinga, Kecamatan Leuwiliang, Kecamatan Cigudeg, Kecamatan Rumpin.

Kemudian, kecamatan Bojong Gede, Kecamatan Citeureup, Kecamatan Babakan Madang, kecamatan Ciseeng, Kecamatan Ciomas, Kecamatan Rancabungur.

Lalu kecamatan Cigombong, kecamatan Cisarua, Kecamatan Megamendung, Kecamatan Cijeruk, Kecamatan Klapanunggal, kecamatan Jonggol, kecamatan Sukamakmur, kecamatan Gunungputri, Kecamatan Cariu dan Kecamatan Tanjungsari.

“Hampir merata, paling banyak di wilayah barat, Utara ada sebelas kecamatan,” katanya kepada Radar Bogor Kamis (25/1/2024).

Sementara itu untuk mengantisipasi potensi hujan deras saat hari pencoblosan saat Pemilu 2024 Februari nanti, Adam memaparkan BPBD sudah memetakan tempat pemungutan suara (TPS) yang rawan bencana, seperti banjir dan longsor.

“Saat pencoblosan nanti juga, kami sebar anggota di setiap kecamatan rawan bencana tersebut. Ada 113 personel TRC BPBD yang kami sebar,” paparnya.

Baca Juga : Bogor Berstatus Siaga Bencana, Puncak Musim Hujan Diprediksi hingga Februari

Namun demikian, adam memaparkan, tidak semua TPS yang ada di 24 kecamatan diatas berada di lokasi potensi rawan. “Tapi tidak bisa juga dipukul rata semua TPS di 24 kecamatan itu berada di lokasi potensi rawan bencana,” paparnya. (all)

Reporter : Arifal
Editor : Yosep