25 radar bogor

Manfaat Minum Secangkir Air Jahe Pada Pagi Hari

ilustrasi minuman jahe (Freepik)

BOGOR-RADAR BOGOR, Jahe memang dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Dikutip JawaPos.com dari Healthshots, Minggu (14/1), ahli gizi Avni Kaul menyebut jahe kaya akan nutrisi dan vitamin seperti vitamin C, kalsium, zat besi, tembaga, zinc, mangan, dan kromium.

Baca Juga: Kenali 4 Manfaat Vitamin A Bagi Kesehatan Tubuh

Secara turun temurun, manfaat jahe biasanya dirasakan dengan mengosumsinya langsung atau dijadikan bahan tambahan dalam masakan. Namun, orang biasanya juga mengosumsi air jahe.

Air jahe tersebut ternyata baik dikonsumsi di pagi hari dengan keadaan perut kosong. Biasanya jahe diseduh dengan air hangat. Setidaknya ada 6 manfaat meminum air jahe pada pagi hari.

Meningkatkan kesehatan pencernaan
“Ramuan ampuh ini dikenal karena kemampuan pencernaannya, membantu meringankan gangguan pencernaan, kembung, dan mual,” kata Kaul.

Apalagi meminum air jahe membantu membasmi atau menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Hal ini membantu menjaga risiko penyakit jantung.

Memiliki sifat antiinflamasi
Sifat antiinflamasi jahe berkontribusi dalam meredakan nyeri sendi sehingga bermanfaat bagi penderita arthritis. Selain itu, sifat jahe ini membantu melawan kuman dan bakteri berbahaya yang dapat memicu peradangan.

Penguat imunitas alami
Jahe bertindak sebagai penguat kekebalan alami dengan memperkuat tubuh melawan infeksi karena kemampuannya mengatur kadar gula darah serta meningkatkan kestabilan energi sepanjang hari.

Baca Juga: Menjaga Usus dan Kesehatan Mental Adalah Kunci Pola Hidup Sehat

Bertindak sebagai antioksidan
Selain itu, kandungan antioksidan dalam air jahe membantu kesehatan sel sehingga berpotensi menurunkan risiko penyakit kronis.

Memiliki sifat antimual
Para ahli mengatakan sifat antimual alami jahe sangat bermanfaat bagi mereka yang mudah mabuk perjalanan, migrain, atau mual di pagi hari selama kehamilan. Ini juga dapat membantu menyembuhkan masalah perut secara umum.

Membantu penurunan berat badan
Kaul mengatakan jahe dipercaya dapat meningkatkan metabolisme dan mendukung tujuan pengelolaan berat badan. Ketika metabolisme berfungsi dengan baik, tubuh mampu membakar kalori bahkan saat melakukan tugas normal sepanjang hari dan membakar lemak tubuh lebih cepat.

Baca Juga: Cegah Petugas KPPS Sakit, Rudy Susmanto Minta Pemkab Beri Suplemen Kesehatan

Supaya terbiasa konsumsi jahe, terdapat cara lain untuk menambahkannya ke dalam asupan rutinitas harian dengan mudah:

Awali pagi dengan menambahkan jahe parut ke dalam teh atau membuat campuran air lemon untuk mendapatkan sensasi menyegarkan.

Tingkatkan cita rasa tumisan, sup, dan salad dengan jahe cincang atau irisan.
Haluskan smoothie yang mengandung jahe untuk mendapatkan rasa menyehatkan.
Bereksperimenlah dengan jahe dalam bumbu marinasi daging atau sayuran yang akan meningkatkan rasa dan nilai gizinya.
Camilan jahe atau padukan ke dalam makanan penutup untuk suguhan manis dan pedas.(jpg/farid-pkl)

Editor: Yosep