25 radar bogor

Mantap! Trobosan BPJS Ketenagakerjaan Bogor Cileungsi Jalin Kerjasama dengan BPR NBP 2, Lindungi Nasabah dan Cegah Kredit Macet

BPJS Ketenagakerjaan
BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Bogor Cileungsi, melakukan kegiatan penandatanganan PKS (perjanjian kerjasama) dengan PT BPR NBP 2 Kamis (11/1/2024).

JONGGOL-RADAR BOGOR, BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Kantor Cabang Bogor Cileungsi, melakukan kegiatan penandatanganan PKS (perjanjian kerjasama) dengan PT BPR NBP 2 Kamis (11/1/2024).

Baca Juga : Kerja Keras Bebas Cemas di Pasar Cileungsi, BPJS Ketenagakerjaan Cover Pekerja Informal

PKS tersebut ditandatangani Direktur BPR NBP 2, Haryadi dengan Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan kantor cabang Bogor Cileungsi Awalul Rizal.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Bogor Cileungsi, Awalul Rizal mengatakan, skema kerjasama yang dibangun ini bisa memberikan manfaat. Baik itu untuk nasabah, untuk BPR NBP 2 berupa manfaat finansial, juga BPJS ketenagakerjaan Bogor Cileungsi.

“Manfaat yang bisa didapatkan dari kerjasama ini diantaranya meminimalisir kredit macet nasabah karena nasabah meninggal dunia atau mengalami kecelakaan kerja, manfaat santunan jaminan kecelakaan kerja bagi debitur dan jaminan kematian bagi ahli waris nasabah. Sehingga nasabah/ahli waris nasabah dapat segera menyelesaikan sisa pinjaman apabila terjadi risiko sosial seperti kecelakaan dan meninggal dunia,” katanya kepada Radar Bogor Kamis (11/1/2024).

Awal memaparkan, manfaat dari kerjasama ini tentunya dapat meningkatkan cakupan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Sehingga, seluruh segmen pekerja, termasuk pekerja Bukan Penerima Upah (BPU) atau Pekerja Informal. “Jadi semua terlindungi. Ketika terjadi resiko,” tuturnya.

Lanjut Awal, ini merupakan terobosan dari BPJS ketenagakerjaan Bogor Cileungsi di awal tahun 2024 ini. Kata dia, dengan PKS ini semakin banyak yang terlindungi.

Awal memaparkan, bagi nasabah BPR NBP 2 yang terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, jika meninggal karena sakit, covid atau lainnya, akan mendapatkan manfaat santunan Rp 42 juta. Nantinya itu akan dipergunakan untuk melunasi pinjaman. “Jika ada sisanya, akan disampaikan ke ahli waris,” paparnya.

Sementara itu, Jika nasabah meninggal karena dalam kegiatan berusaha atau bekerja, maka akan mendapatkan santunan Rp 70 juta. Nantinya, dipergunakan untuk melunasi pinjaman dan jika ada sisa akan diberikan ke ahli waris untuk melanjutkan kehidupan.

“Juga jika meninggal karna kecelakaan kerja tadi, dua anaknya akan mendapat beasiswa dari TK sampai sarjana/kuliah,” tambahnya.

Selain itu, nasabah yang tercover BPJS Ketenagakerjaan yang mengalami kecelakaan kerja juga mendapatkan jaminan saat berobat. Tidak tanggung-tanggung, nasabah yang terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan ini mendapatkan fasilitas kelas 1 saat menjalani perawatan juga pengobatan RSUD. “Pelayanan dapat kelas 1 di RSUD,” paparnya.

Bukan itu aja, Awal menambahkan, Jika nasabah dalam menjalankan usaha atau pekerjaan mengalami kecelakaan kerja, pengobatannya gratis, ditanggung BPJamsostek hingga sembuh.

“Ditambah penghasilannya selama tidak bisa bekerja pengbatan akan diganti BPJamsostek Rp1 juta per bulan yang bisa dimanfaatkan untuk membayar cicilan kredit/pinjaman tiap bulannya,” tuturnya.

Sementara itu Direktur PT BPR NBP 2, Haryadi menyambut baik jalinan kerja sama antara BPJS Ketenagakerjaan Bogor Cileungsi dengan PT BPR NBP 2 ini.

“Saya sangat menyambut gembira terealisasinya jalinan kerja sama ini,” katanya kepada Radar Bogor Kamis (11/1/2024).

Kata dia, kerjasama ini memberikan banyak manfaat. Baik bagi para nasabah, PT BPR NBP 2 juga BPJS ketenagakerjaan.

“Dengan kerjasama ini, semua nasabah terlindungi BPJS ketenagakerjaan,” katanya kepada Radar Bogor Kamis (11/1/2024).

Ia mencontohkan, ketika ada nasabah yang mengalami resiko kecelakaan kerja dan meninggal dunia, maka akan mendapatkan jaminan dari BPJS Ketenagakerjaan.

“Kemudian jika memiliki anak yang masih sekolah, itu juga pendidikannya tercover BPJS Ketenagakerjaan,” tuturnya.

Baca Juga : Kabar Baik Bagi Peserta BPJS Ketenagakerjaan, Berangkat Haji dan Umroh Lewat Travel Ini Dapat Diskon

Iapun menyampaikan terima kasih kepada BPJS ketenagakerjaan cileungsi atas kerjasama ini. Dengan terjalinnya kerjasama ini, sangat membantu bagi semua pihak.

“Kami sangat berterima kasih kepada pak awal selalu kepala BPJS ketenagakerjaan Bogor Cileungsi juga jajarannya,” tukasnya. (all)

Reporter : Arifal
Editor : Yosep