25 radar bogor

Prof. Romli Atmasasmita Tolak Jadi Saksi Meringankan untuk Firli Bahuri

Eks Ketua KPK, Firli Bahuri kembali mengajukan gugatan praperadilan atas penetapan status tersangka oleh Polda Metro Jaya dalam kasus pemerasan terhadap Eks Menteri Pertanian, SYL

JAKARTA-RADAR BOGOR, Prof. Romli Atmasasmita menolak menjadi saksi meringankan untuk Firli Bahuri dan berencana mengirim surat penolakan ke Polda Metro Jaya. Dalam pernyataannya kepada media pada Kamis, 4 Januari 2023, Prof. Romli hanya bersedia menjadi saksi ahli.

“Saya akan jawab dengan menyatakan tidak bersedia menjadi saksi kecuali saksi ahli,” katanya kepada awak media, Kamis 4 Januari 2023.

Diujarkannya, akan segera mengirim surat ke Polda Metro Jaya lewat email.

Baca Juga : Prabowo-Gibran: Keuntungan Pilpres Satu Putaran dalam Efisiensi Anggaran dan Stabilitas Politik

Prof. Romli Atmasasmita sendiri dipanggil untuk diperiksa jadi saksi meringankan Firli pada 15 Januari 2023.

Sebelumnya, surat panggilan ulang terhadap Prof Romli Atmasasmita akan dikirimkan kembali oleh penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Polda Metro Jaya.

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Metro Jaya, Kombes Ade Safri mengatakan pihaknya akan melayangkan surat sebagai saksi kepada Prof. Romli Atmasasmita.

“Nanti kita buatkan surat panggilan ulang ke yang bersangkutan dan silahkan yang bersangkutan untuk menanggapi surat panggilan penyidik tersebut,” katanya kepada awak media, Rabu 3 Januari 2023.

Sebelumnya, Prof Romli keberatan ketika diminta menjadi saksi meringankan Firli Bahuri.

Baca Juga : https://www.radarbogor.id/2024/01/04/polisi-tangkap-lima-pengeroyok-satpol-pp-jakpus-ini-kronologinya

Dirinya berkenan menjadi ahli dalam kasus dugaan pemerasan mantan Mentan SYL itu.

“Bapak Karyoto SH MH (Kapolda Metro Jaya) di tempat. Cc Dirkrimsus Polda Metro Jaya (Kombes Ade Safri Simanjuntak), Firli Bahuri, Ian Iskandar (penasihat hukum Firli), informasi bahwa saya bersedia sebagai saksi meringankan dalam kasus Firli Bahuri adalah tidak benar. Saya hanya bersedia sebagai ahli saja,” terangnya. (NET/Zaky-PKL)

Editor : Yosep