25 radar bogor

Perbaiki Sambungan Jembatan Pancasan, Dinas PUPR Bakal Gandeng Broron

Jembatan Pancasan
Pemkot Bogor akan memperbaiki Jembatan Pancasan tahun depan. REKA/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Sambungan Jembatan Pancasan yang telah lama mengalami kerusakan akhirnya mendapat perhatian. Pemkot Bogor dalam waktu dekat akan memperbaiki kerusakan pada jembatan yang melintang di atas Sungai Cisadane itu.

Baca Juga : Jembatan Otista Rampung, Atang Trisnanto Sebut PR Berikutnya Pelebaran Empat Titik Ruas SSA

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bogor, Rena Da Frina mengakui bahwa kondisi sambungan Jembatan Pancasan itu mengalami aus. Ia juga menyebut telah banyak mendapat laporan dan aduan dari pengendaran serta warga mengenai kondisi ini.

“Tahun depan kami akan memperbaiki 4-5 sambungan jembatan termasuk di Jembatan Pancasan,” ujar Rena saat ditemui Radar Bogor, Rabu (20/12/2023).

Rena menyebut, dalam perbaikan itu pihaknya akan kembali menggandeng PT Mulia Karya Sabat milik Ronald A Sinaga (Broron) yang sebelumnya sudah turut andil dalam proyek pergantian Jembatan Otista sebagai Sub Kontraktor.

“Saya sudah bilang pada Ronald (Broron) untuk bantu. Bukan melalui lelang tapi Pengadaan Langsung (PL) karena nilai (anggaran)-nya kecil,” ucap Rena.

Ia menjelaskan, pelibatan kembali pihak PT Sabat Mulia Karya dalam perbaikan jembatan karena dirinya menganggap Broron adalah sosok yang ahli dalam dunia aspal dan sambungan jembatan.

Proses perbaikan akan diawali dengan proses survey yang direncanakan mulai berjalan di akhir tahun 2023 atau awal tahun 2024.

Menanggapi rencana itu, CEO PT Mulia Karya Sabat, Broron mengaku belum mengetahui ajakan memperbaiki sambungan Jembatan Pancasan tersebut. Namun ia bersyukur dengan pernyataan yang disampaikan Rena.

“Saya belum tau, tapi kalau dia bilang duluan syukur alhamdulillah. Saya dari awal siap mendukung pemerintah yang meminta langsung. Saya siap memberikan yang terbaik,” ujarnya saat dikonfirmasi Radar Bogor.

Broron mengatakan, pihaknya memang berkomitmen akan memberikan CSR berupa bantuan perbaikan infrastruktur jalan setiap mendapat kontrak kerja. Dirinya akan membantu titik-titik jalan atau jembatan yang rusak dan belum dianggarkan oleh Pemerintah.

Baca Juga ; Ikut Resmikan Jembatan Otista, Ridwan Kamil Beri Saran Selusur Jembatan Dipasang Wajah-Wajah Ini

“Sesuai komitmen saya setiap dapat kontrak akan meluangkan waktu, tenaga, dan material untuk CSR. Kami bisa bantu di titik-titik tertentu yang belum dianggarkan pemerintah supaya masyarakat lebih aman dan nyaman saat melintas,” garansinya. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep