25 radar bogor

Lalin SSA Lancar, Polresta Bogor Kota Antisipasi Titik Kemacetan Lain

Polresta Bogor Kota
Satlantas Polresta Bogor Kota terus memantau lalin pasca diberlakukan kembali SSA di seputaran Kebun Raya Bogor usai Jembatan Otista diresmikan. 

BOGOR-RADAR BOGOR, Satlantas Polresta Bogor Kota terus memantau arus lalu lintas (lalin) pasca diberlakukan kembali sistem satu arah (SSA) di seputaran Kebun Raya Bogor usai Jembatan Otista diresmikan, pada Selasa (19/12/2023).

Baca Juga : Cegah Kolong Jembatan Otista Jadi Sarang Gembel, Pemkot Bakal Lakukan Ini

Kasatlantas Polresta Bogor Kota Kompol Galih Apria mengatakan, sejauh ini arus lalin lancar dan petugas akan mengantisipasi titik-titik penyumbatan lain.

“Memang benar-benar sudah hilang bottleneck ataupun penyumbatan yang dulu terjadi di jembatan Otista ini,” kata Kompol Galih Apria, Kamis (21/19/2023).

Kompol Galih menyampaikan, Satlantas Polresta Bogor Kota mengapresiasi keberhasilan revitalisasi Jembatan Otista selama sembilan bulan terakhir, dari lelang hingga pembangunan selama 7,5 bulan yang kini telah dapat dirasakan oleh masyarakat.

“Kami sangat apresiasi atas pembangunan Jembatan Otista ini khususnya kepada bapak Walikota,” ucap Galih.

Diketahui, Presiden Joko Widodo meresmikan bangunan baru Jembatan Otista selebar 22 meter dengan anggaran Rp101 miliar di jalur SSA yang mengelilingi Istana Bogor.

Satlantas, kata Galih, akan mengantisipasi titik-titik lain yang berpotensi terhadap penyumbatan arus lalu lintas di SSA, di antaranya, Warung Bogor, Pasar Bogor, BTM dan juga Jembatan Merah, Jalan Kapten Muslihat.

“Kami berupaya bergabung dengan forum komunikasi lalu lintas di antaranya dengan Dishub dan Satpol PP dengan membentuk program Sobat Jalan,” kata Galih.

Kompol Galih menjelaskan, program yang digarap bersama pemerintah setempat setelah revitalisasi Jembatan Otista adalah Sopir Hebat Jaga Kelancaran (Sobat Jalan).

“Program Sobat Jalan ini, artinya kami yang setiap hari mendapatkan masukan dari masyarakat adalah angkot-angkot yang ngetem. Itu yang menjadi perhatian kami,” katanya.

Galih berharap dengan diresmikan Jembatan Otista, ke depan minimalisasi terjadi kemacetan pada saat ada peningkatan volume kendaraan ke Kota Bogor.

Pada acara peresmian, Presiden Jokowi didampingi Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, Mendagri Tito Karnavian, Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin dan GubernurJawa Barat 2018-2023 Ridwan Kamil.

Baca Juga : Jembatan Otista Rampung, Atang Trisnanto Sebut PR Berikutnya Pelebaran Empat Titik Ruas SSA

Presiden pun mendapat laporan Wali Kota Bogor Bima Arya yang menyebutkan bahwa revitalisasi Jembatan Otista beserta renovasi pedestrian sekeliling SSA memang arahan Presiden Jokowi, salah satunya agar dapat melancarkan aktivitas warga. (ded)

Reporter : Dede Supriadi
Editor : Yosep