25 radar bogor

320 Kades Ikuti Bimtek Akhir Tahun di Bandung

320 Kades Ikuti Bimtek Akhir Tahun di Bandung

TAMANSARI-RADAR BOGOR, Bimbingan teknis (bimtek) cara mengelola keuangan desa yang taat hukum dan aturan, yang dilakukan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) di Bandung di ikuti 320 kepala desa. Termasuk kepala desa yang ada di Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor.

Kepala DPMD Kabupaten Bogor, Reynaldi Yushab Fiansyah mengatakan, pemerintah sudah mempercayakan desa mengelola keuangan. Baik itu dari pusat, provinsi maupun kabupaten dan kota lewat UU nomor 6 tahun 2014.

Baca juga: Kepala Desa Bimtek Di Bandung, Bupati Bogor Tegaskan Bukan Hajat Pemda

Dengan kewenangan yang demikian besar, kualitas sumber daya para aparatur desa yang kompeten sangat diperlukan.

Sehingga lebih optimal dalam mengelola administrasi keuangan desa, menjadi hal yang mutlak untuk dilakukan demi mengembang pelaksana tanggung jawab dan amanah yang semakin besar.

“Bimtek ini salah satunya,” katanya kepada Radar Bogor, Selasa (19/12/2023).

Ia berharap, lewat bimtek tersebut, seluruh aparatur pemerintah desa dapat mengelola bantuan keuangan secara maksimal, dan berdasarkan pada hasil musyawarah desa, serta menerapkan pola padat karya.

Pihak desa juga, kata dia, harus melakukan pengelolaan keuangan secara transparan dan akuntabel. Mulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pelaporan, dan pertanggungjawaban.

“Agar bermanfaat sesuai tujuan dan harapan,” tuturnya.

Iapun meminta agar aparatur desa bisa melakukan secara cermat dan hati-hati. Ia mencontohkan bantuan keuangan Samisade (satu miliar dari desa).

“Perlu diingat, kegiatan yang didanai bantuan keuangan salah satunya dan khususnya Samisade ini disoroti oleh masyarakat, media masa, LSM, dan dipantau oleh aparat penegak hukum,” paparnya.

Sementara itu Kepala Desa Sukajadi Ade Gunawan mengatakan, bimtek yang dilaksanakan kali ini sangat membantu bagi kepala desa dalam mengelola keuangan desa, yang taat hukum dan aturan.

Baca juga: Heboh Bimtek Kades Bayar Rp10 juta, Warga Minta Jangan Gunakan Dana Desa

Kata dia, ilmu yang didapat dari bimtek tersebut akan ia lanjutkan kepada seluruh staf yang ada di Desa Sukajadi.

“Ini menambah pemaham kami sebagai kepala desa. Tentunya Ini akan saya teruskan ilmu yang saya dapatkan ini ke staf dan pegawai di desa saya,” tukasnya. (all)

Penulis: Arifal
Editor: Rany Puspitasari