25 radar bogor

Borong 6 Penghargaan, Unida Jadi Juara Umum Gelar Inovasi Daerah Kabupaten Bogor 2023

Tim Inovator Universitas Djuanda (Unida) berhasil meraih prestasi membanggakan, dalam gelaran Anugerah Gelar Inovasi Daerah (GID) Kabupaten Bogor Tahun 2023.

BOGOR-RADAR BOGOR, Tim Inovator Universitas Djuanda (Unida) berhasil meraih prestasi membanggakan, dalam gelaran Anugerah Gelar Inovasi Daerah (GID) Kabupaten Bogor Tahun 2023.

Tim Inovator UNIDA menjadi juara umum dengan memborong 6 penghargaan.

Penyerahan penghargaan diberikan langsung oleh Bupati Bogor Iwan Setiawan, di Gedung Serbaguna Setda 1 pada Kamis, 23 November 2023.

Wakil Rektor III Unida, Dr. Yudi Wahyudin, S.Pi., M.Si yang juga merupakan Ketua LPPM Unida menuturkan, bahwa gelar inovasi daerah merupakan salah satu agenda tahunan Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor, dalam rangka turut serta mendongkrak pengembangan inovasi daerah pada berbagai kategori termasuk pada kategori akademik dengan beberapa sub kategori.

Baca juga: Perkuat Kemitraan Internasional, Unida Jalin Kolaborasi dengan Universitas Terkemuka di Amerika Serikat

Pada tahun 2023 ini, Unida melalui partisipasi insan Unida, baik dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa, baik secara kolaboratif maupun individu, telah berpartisipasi dan berhasil menyabet sebagai juara umum kategori perguruan tinggi, yang berhasil mengirimkan dan memperoleh beberapa kategori penghargaan terbanyak.

“Ini merupakan hasil dari kerja sama, kerja keras, kerja cerdas dan kerja berjamaah yang telah dilakukan dan insyaAllah akan terus dilakukan untuk memberikan yang terbaik bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan kompetensi dan bidang karya masing-masing,” ujarnya.

“Selamat disampaikan kepada seluruh nominator yang telah berhasil menjadi kontributor utama bagi penghargaan ini. Semoga hal ini tidak berhenti di sini, bahkan menjadi tonggak penegas pengembangan inovasi daerah dari UNIDA dan menjadi pendorong ghirah dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa lainnya untuk dapat mengikuti jejak para pendahulunya atau koleganya,” sambungnya.

Hal yang sama diungkapkan Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BKA) Unida, M. Rendi Ramdani, S.Pd.I., M.Pd yang menyampaikan rasa syukur atas keberhasilan para mahasiswa Unida dalam ajang GID Kabupaten Bogor 2023 tersebut.

“Alhamdulillah, pencapaian ini menjadi sebuah langkah positif bagi Unida dalam memberikan dampak serta kontribusi bagi Indonesia dan Kabupaten Bogor khususnya. Tahun ini, Unida kembali menunjukkan eksistensinya dalam kegiatan rutin tahunan GID, dengan mahasiswa-mahasiswa yang berpartisipasi aktif dan berhasil meraih prestasi. Keberhasilan ini tidak hanya membanggakan UNIDA, tetapi juga menjadi inspirasi bagi mahasiswa untuk terus berinovasi demi kemajuan Kabupaten Bogor,” ungkapnya.

M. Rendi Ramdani, S.Pd.I., M.Pd menyebutkan, raihan prestasi ini tentu tidak terlepas dari hasil kerja keras, dedikasi dan semangat para mahasiswa beserta para dosen pembimbing.
Diharapkan, keberhasilan ini dapat menjadi landasan bagi mahasiswa kedepannya untuk terus memberikan kontribusi nyata dalam pembangunan Kabupaten Bogor.

Baca juga: PPK Ormawa HIMA PGSD Unida Inisiasikan Program PETALIDAS, Dorong Peningkatan Kesejahteraan Warga Desa Kuta

“Partisipasi aktif UNIDA dalam kegiatan GID tidak hanya sekadar mengikuti kompetisi, tetapi juga sebagai wujud nyata dari peran perguruan tinggi dalam membentuk generasi yang kreatif, berinovasi, dan berkontribusi positif bagi masyarakat. Melalui kegiatan ini, diharapkan UNIDA dapat terus menjadi agen perubahan yang membawa manfaat besar untuk Kabupaten Bogor,” tegasnya.

Adapun berikut daftar pemenang Gelar Inovasi Daerah Kabupaten Bogor Tahun 2023 dari Unida:

Kategori Mahasiswa

Juara 2: Vian Eko Prasetyo; Judul Inovasi: Susu Kambing Pasteurisasi Aneka Rasa
Juara 3: Gugus Candella, Prato Widodo Situmorang; Judul Inovasi: Urban Aquaculture pada Usaha Budidaya Ikan Hias di Lahan Terbatas yang Menguntungkan dan Menjanjikan

Kategori Dosen

Juara 2: Ginung Pratidina, Dra., M.Si, Novando, Ika Sartika, Sarah Azhara, Winda Maulinda, Yunita Sugiawan Putri, Hapsari Syarifa Rifda, Panji Ivna Saepullah, Alya Siti Dwi Julia, Aditya Ramadhan, Mohamad Ardika; Judul Inovasi: Sikancil Tenang Desa Telukpinang (Sistem Informasi Kampung Cibolang Desa Teluk Pinang)
Juara 3: Arti Hastuti, S.TP., M.TP, Tiara Amanda Lestari, S.TP., M.TP, Mahmud Danil, S.AP; Judul Inovasi: Elnuts

Duta Inovasi Desa

Juara Favorit: Siti Yuliani, Galih satria Gumilang; Judul Inovasi: Rostik (Roster Plastik)

Inovasi Terbanyak

Juara 1: Universitas Djuanda

Editor: Rany Puspitasari