25 radar bogor

Perkuat Kemitraan Internasional, Unida Jalin Kolaborasi dengan Universitas Terkemuka di Amerika Serikat

BOGOR-RADAR BOGOR, Delegasi Universitas Djuanda (Unida) yang dipimpin oleh Pro Chancellor Dr. Abraham Yazdi Martin, S.H., M.Kn, beserta Rektor Prof. Mohamad Ali Fulazzaky, Ph.D, Kepala Badan Pengembangan Keilmuan (BPK) Dr. Rasmitadila, M.Pd dan Pengurus Yayasan Pendidikan Amaliah Djuanda Dr. Nova Monaya, S.H., M.Kn ikut serta dalam lawatan ke Amerika Serikat sebagai upaya penguatan kemitraan internasional dan pencapaian visi-misi menuju Unida unggul.

Pro Chancellor Unida, Dr. Abraham Yazdi Martin, S.H., M.Kn menyampaikan bahwa kemitraan internasional adalah elemen penting seiring dengan visi Unida sebagai Universitas Riset yang menyatu dalam tauhid dan diakui dunia. Lawatan ke Amerika Serikat ini merupakan salah satu langkah dalam upaya mewujudkan visi tersebut.

Pro Chancellor Unida, Dr. Abraham Yazdi Martin, S.H., M.Kn menegaskan, Unida berkomitmen untuk terus meningkatkan mutu pendidikan tinggi dan menciptakan lulusan unggul yang siap bersaing di kancah internasional sekaligus perwujudan Pancadharma Perguruan Tinggi.

Pada kesempatan ini, delegasi Unida mengunjungi beberapa universitas terkemuka di Amerika Serikat dan menghadiri berbagai pertemuan untuk menjajaki kolaborasi potensial dalam program pendidikan, penelitian bersama, pertukaran pelajar, guest lecturer hingga publikasi ilmiah dan studi banding untuk mewujudkan visi-misi Unida.

Antara lain melaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Hofstra University, New York, dan Neumann University, Pennsylvania. Penjajakan kerja sama lainnya juga dilakukan diantaranya dengan University of California, University of the District of Columbia, dan Monroe College.

Hasil dari kunjungan dan pertemuan ini selanjutnya akan ditindaklanjuti langsung dengan penandatangan MoA dan IA yang kemudian dilaksanakan melalui berbagai bentuk kegiatan untuk memperkuat kolaborasi secara lebih konkret. Melalui berbagai kerja sama yang dibangun, diharapkan dapat memperkuat hubungan dengan berbagai lembaga di Amerika Serikat dan menjalin kemitraan yang bermanfaat bagi seluruh pihak.

Dalam rangkaian kegiatan di Amerika Serikat ini juga delegasi Unida mengunjungi Harvard University sebagai salah satu institusi pendidikan terbaik di dunia.

Terkait kunjungan ini, Pro Chancellor Unida Dr. Abraham Yazdi Martin, S.H., M.Kn mengatakan, Harvard University dikenal sebagai lembaga pendidikan tinggi yang tidak hanya berfokus pada prestasi akademik, tetapi juga membentuk pemimpin-pemimpin masa depan yang berkompeten dan berkualitas.

Oleh karena itu, delegasi Unida berkesempatan untuk menggali secara langsung keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh Harvard University tersebut. Mulai dari metode pendidikan, penelitian, hingga pengembangan mutu pendidikan.

Senada dengan apa yang disampaikan oleh Pro Chancellor, Rektor Unida Prof. Mohamad Ali Fulazzaky, Ph.D menuturkan bahwa dalam upaya untuk mencapai Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) Unggul serta mewujudkan visi menjadi Universitas Riset yang Menyatu dalam Tauhid dan Diakui Dunia, Unida terus berkomitmen meningkatkan dan memperkuat kemitraan internasional melalui berbagai kerja sama kolaboratif dengan perguruan tinggi dan institusi di luar negeri.

“Kerja sama ini menjadi penting mengingat untuk mencapai visi kita, diakui dunia, sudah seharusnya selalu diupayakan penguatan kemitraan internasional secara terus menerus. Tentu upaya kolaboratif ini diharapkan dapat berdampak baik dan memberikan kebermanfaatan bagi seluruh pihak yang terlibat,” ujar Prof. Mohamad Ali Fulazzaky, Ph.D.

Prof. Mohamad Ali Fulazzaky, Ph.D menambahkan, dengan semangat kolaborasi yang tinggi, diharapkan kerja sama yang dibangun dapat menjadi landasan kokoh untuk mengembangkan program-program pendidikan dan penelitian ke depan.

“Mudah-mudahan pertemuan dengan beberapa universitas di Amerika Serikat ini, akan membuka kerja sama antara Unida dengan universitas terkemuka di dunia lainnya, sehingga beberapa program akademik dapat dilaksanakan dan memberikan manfaat bagi kemajuan pendidikan tinggi di Indonesia, dan di Unida khususnya,” ungkapnya. (*)

Editor: Rany Puspitasari