25 radar bogor

Sambangi 4 Finalis Kategori Permukiman Tepi Sungai, Tim Juri Utama Tentukan Juaranya

Tim Juri Utama Bogorku Bersih kategori Permukiman Tepi Sungai berhasil memuntaskan tahap penilaian akhir, pada Minggu (19/11).

BOGOR-RADAR BOGOR, Tim Juri Utama Bogorku Bersih kategori Permukiman Tepi Sungai berhasil memuntaskan tahap penilaian akhir, pada Minggu (19/11).

Mereka bersama para punggawa Kota Bogor yang melakukan penilaian seluruh aspek kebersihan, kerapihan, inovasi, dan keterlibatan warga dalam menjaga lingkungannya.

Di antaranya, Wakil Rektor UIKA Bogor Budi Susetyo, Dandim 0606/Kota Bogor Kolonel Inf. Fikri Ferdian, Dandenpom III/1 Bogor Letkol Cpm Anggun Hendryantoro, perwakilan Unpak Bogor Asep Denih, Perwakulan Lanud Atang Sendjaja.

Baca juga: Juara Bertahan Bogorku Bersih Tahun Lalu Dipertemukan, Tim Juri Utama: Siapa yang Konsisten?

Kemudian, Satgas Naturalisasi Ciliwung Een Irawan Putra, akademisi, hingga pengusaha menyambangi 4 besar permukiman tepi sungai yang masuk finalis.

Koordonator Tim Juri Utama Kategori Permukiman Tepi Sungai Budi Susetyo mengatakan, 4 lokasi Permukiman Tepi Sungai yang masuk final ini secara masing-masing secara umum memiliki kelebihan dan juga kekurangan.

“Kami melihat dan menilai dari beberapa aspek optimalisasi pemanfaatan tata ruang, dan juga dukungan kebijakan,” kata
Budi Susetyo.

Menurut dia, dari keempat yang sudah masuk finalis ini, tim juri menilai jika mereka sangat bersaing ketat jika melihat dari berbagai aspek.

“Agak titip-tipis bedanya, namun secara umum kami sangat senang dengan hasil capaian yang diperoleh masyarakat,” ucapnya.

Dirinya berharap, dengan adanya program lomba Bogorku Bersih yang masuk ke-8, bisa jadi stimulan bagi masyarakat untuk lebih bersaing, dan lebih kompetitif dalam membangun lingkungan yang lebih baik.

Lebih lanjut, unsur penilaian yang dilakukan meliputi empat kelompok utama.

Pertama dari sisi optimalisasi pemanfaatan ruang, kedua penilaian dilihat dari sisi sanitasi.

Baca juga: Jadi Juri Utama, Dedie : Bogorku Bersih Bisa Antar Kota Bogor Raih Adipura Kencana

Kemudian, ketiga dari sisi kebersihan lingkungan, dan pengolahan sampah, apakah sudah optimal atau belum, keempat adalah dari sisi ekonomi kreatif, dan juga dukungan kebijakan.

“Ada empat kelompok utama yang kami jentrekan lagi dalam penilaian di lapangan, dan kami melihat secara langsung realitas di lapangan,” tandas Budi Susetyo.

Adapun 4 finalis Permukiman Tepi Sungai, di antaranya Kampung Sicapit RT 03/06 Kelurahan Semplak, Kecamatan Bogor Barat, Jalan Kol enjo Martadisastra RT 01/12, Kelurahan Kedung Badak, Kecamatan Tanah Sareal, Jalan Batu Tulis RT 02/04 Kelurahan Bondongan, Kecamatan Bogor Selatan, dan terakhir RT 02/03 Kelurahan Sukasari, Kecamatan Bogor Timur.(ded)

Penulis: Dede
Editor: Rany Puspitasari