25 radar bogor

Juara Bertahan Bogorku Bersih Tahun Lalu Dipertemukan, Tim Juri Utama: Siapa yang Konsisten?

Tim Juri Bogorku Bersih saat melakukan penilaian ke salah satu pemenang lomba tahun lalu yang kembali diadu. Fikri/Radar Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR, Lomba Bogorku Bersih 2023 mempertemukan 5 juara bertahan tahun lalu, dari beberapa kategori untuk saling beradu.

Kelimanya kini telah sampai di tahap akhir penilaian, yang akan dinilai para juri.

Kelimanya yaitu Kampung Bojong Pesantren RT 4 RW 3, Perumahan Kebun Raya Pamoyanan RT 1 RW 6 dan RT 2 RW 6, RT 5 RW 7 Empang, serta RT 1 RW 1 Babakan.

Hari ini, Minggu (19/11), tim juri utama langsung menyambangi kelima lokasi tersebut, untuk mengambil penilaian akhir.

Baca juga: Juri Utama Bogorku Bersih Permukiman Teratur Kantongi RT yang Duduki Posisi 4 Besar

Penanggungjawab dan Juri Utama Bogorku Bersih Hazairin Sitepu mengatakan, para juara ini diadu lagi, agar melihat apakah bisa mempertahankan kebersihan yang sudah dibuat.

Jadi tidak berhenti di juara, tapi konsisten untuk seterusnya.

“Pengumuman lomba kategori ini memang cukup dadakan, karena jangan sampai kalau diumumkan jauh hari maka akan diperbaiki. Kami inginnya apa adanya, kebersihan masih terjaga atau tidak,” katanya.

Sebab Hazairin menjelaskan, tujuan dari lomba Bogorku Bersih ini untuk membangun karakter bertanggungjawab. Warga dan anak muda harus ikut berpartisipasi dalam proses kebersihan lingkungan.

“Jangan sampai malah menyewa atau mengandalkan petugas kebersihan, tapi masyarakat yang harus turun langsung,” jelasnya.

Baca juga: Jadi Juri Utama, Dedie : Bogorku Bersih Bisa Antar Kota Bogor Raih Adipura Kencana

Ia pun berpesan agar masyarakat menjaga semua hasil kerja yang sudah dilakukan. Salah satunya lubang biopori, yang sangat berguna untuk menyerapan air hujan.

“Biopori harus menjadi pemecahan terbaik untuk sampah organik karena memiliki banyak manfaat jadi harus dimasukkan ke situ sampahnya,” ujarnya. (cr1)

Penulis: Fikri Rahmat Utama
Editor: Rany Puspitasari