25 radar bogor

Jokowi Tekankan Amerika Pentingnya Gencatan Senjata di Gaza

AMERIKA SERIKAT-RADAR BOGOR, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menghentikan konflik dan kekejaman yang terjadi di Jalur Gaza. Presiden ketujuh Indonesia itu menyebut kejadian itu sebagai hal yang sangat menyakitkan bagi manusia.

Baca Juga : Presiden Jokowi Desak Joe Biden Hentikan Serangan Israel

Menurut Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, dalam pertemuan yang berlangsung di Gedung Putih, Washington DC, Senin (13/11) sore waktu setempat tersebut, Presiden Jokowi juga meminta AS menggunakan pengaruhnya kepada Israel untuk menghentikan kekejaman di Gaza. ”Gencatan senjata oleh Presiden (Jokowi) dinyatakan sangat penting untuk segera dilakukan,” ujarnya dalam press briefing kemarin (14/11).

Termasuk soal bantuan kemanusiaan yang aman dan berkelanjutan untuk dapat segera disalurkan. ”Serta proses perdamaian menuju two state solution berdasar parameter internasional yang disepakati dapat segera dimulai kembali,” sambungnya.
Tak lupa, Jokowi juga menyampaikan hasil keputusan KTT Luar Biasa OKI yang baru saja diselenggarakan di Riyadh, Arab Saudi, Sabtu (11/11) pekan lalu. Dengan tegas, Jokowi menyampaikan bahwa posisi negara anggota OKI sangat solid dan keras agar Israel segera mengakhiri kekejaman di Gaza.

Baca Juga : Israel Menyerang Markas Besar Komite Qatar di Gaza

Selain bertemu Biden, Jokowi telah menerima audiensi dari CEO Freeport McMoran. Dalam kesempatan itu, McMoran menyampaikan perluasan investasi USD 3 miliar untuk pembangunan smelter di Gresik dan Papua. (JPG)

Editor : Yosep/Zulham-pkl