25 radar bogor

Negara dengan Pemanfaatan Energi Panas Bumi Terbanyak

Pemanfaatan Energi Panas Bumi

RADAR BOGOR, Dalam rangka mencapai net zero emissions pada tahun 2060, negara-negara diseluruh dunia sedang menggencarkan pengembangan dan Pemanfaatan Energi dari panas bumi.

Baca Juga : Perluas Pemanfaatan Energi Bersih, PGN Tambah Penyaluran Gas Bumi Rumah Tangga di Kabupaten Bogor

Net zero emisi adalah keadaan di mana emisi karbon dari aktivitas manusia tidak melebihi jumlah emisi yang mampu diserap oleh bumi.

Panas bumi atau geothermal merupakan salah satu sumber energi yang bersih dan dapat diperbarui.

JawaPos.com – Dalam rangka mencapai net zero emissions pada tahun 2060, negara-negara diseluruh dunia sedang menggencarkan pengembangan dari panas bumi.

Net zero emisi adalah keadaan di mana emisi karbon dari aktivitas manusia tidak melebihi jumlah emisi yang mampu diserap oleh bumi.

Panas bumi atau geothermal merupakan salah satu sumber energi yang bersih dan dapat diperbarui.

  1. Amerika Serikat

Amerika Serikat menduduki peringkat pertama dengan kapasitas PLTP terbesar yakni 3.794 MW.

Penggunaan panas bumi AS mencakup wilayah Sonoma, Lake, Mendocino, Marin dan Napa, yang menerima listrik dari 350 sumur panas bumi.

  1. Indonesia

Indonesia Indonesia menduduki peringkat kedua dengan kontribusi PLTP yang signifikan dan mencapai kapasitas terpasang sebesar 2.356 MW.

  1. Filipina

Filipina dengan kapasitas PLTP sebesar 1.935 MW menunjukkan komitmen kuatnya terhadap energi panas bumi.

  1. Turki

Turki dengan kapasitas PLTP sebesar 1.682 MW juga berhasil memanfaatkan potensi energi panas bumi untuk memenuhi kebutuhan listrik di negaranya.

  1. Selandia Baru

Selandia Baru menunjukkan komitmen pada energi terbarukan melalui kapasitas PLTP sebesar 1.037 MW.

  1. Meksiko

Meksiko dengan kapasitas PLTP sebesar 962,7 MW, telah berhasil memanfaatkan sumber daya panas buminya.

  1. Kenya

Dengan kapasitas PLTP 944 MW, Kenya menunjukkan bahwa negara-negara di Afrika pun dapat berpartisipasi dalam pemanfaatan energi panas bumi.

  1. Italia

Italia mempunyai kapasitas PLTP yang sama dengan Kenya, yaitu 944 MW. Hal ini menunjukkan bahwa negara Eropa juga bisa berkontribusi aktif dalam pemanfaatan energi terbarukan.

  1. Islandia

Meski jumlah penduduknya relatif kecil, Islandia memberikan kontribusi yang signifikan dengan kapasitas PLTP sebesar 754 MW.

  1. Jepang

Jepang menutup pemeringkatan dengan kapasitas PLTP yang ditorehkannya sebesar 621 MW.

Dengan menduduki peringkat 2, Indonesia menunjukkan partisipasinya dalam mengurangi emisi karbon yang menjadi komitmen seluruh negara di dunia.

Pencapaian tersebut membuat Indonesia beserta keempat negara dibawahnya masuk ke dalam kategori 1 GW Country Club atau negara yang memiliki kapasitas panas bumi terpasang lebih dari 1 GW atau 1.000 MW.

Baca Juga : Ketika Kulit Kelapa Sawit Jadi Energi Terbarukan atau Biomass Palms Pellets

Pencapaian kesepuluh negara dalam memanfaatkan panas bumi dapat menjadi contoh bagi negara lain dalam mengembangkan potensi panas bumi di negaranya dengan melakukan eksplorasi energi panas bumi dan pemasangan pembangkit listrik tenaga panas bumi. (JPG)

Editor : Yosep/Welinda-PKL