25 radar bogor

Ketum PB FORKI Lantik Pengurus Pusat ASKI 2023-2028

Ketua Umum PB FORKI Marsekal TNI Purn. Hadi Tjahjanto Melantik Pengurus Pusat Akademi Seni Bela Diri Karate Indonesia

JAKARTA-RADAR BOGOR, PP ASKI melaksanakan pelantikan pengurus pusat dipimpin Ketua Umum PB FORKI Marsekal TNI Purn. Hadi Tjahjanto. Pelantikan pengurus berlangsung pada Rabu (8/11) di Auditorium lantai 7 Kementerian ATR/BPN, Jakarta.

Baca Juga : Mahfud MD Yakin MKMK Profesional Usut Dugaan Pelanggaran Etik Anwar Usman

Ketum PB FORKI Hadi Tjahjanto mengatakan, perguruan karate merupakan pilar dari FORKI. Bila perguruan kuat FORKI kuat, begitu pula sebaliknya. Oleh karena itu, dia berpesan agar PP ASKI mampu menjaga keharmonisan agar tercapai tujuan organisasi.

”Pesan saya agar PP ASKI menjaga kesinambungan dan menciptakan program yang terintegrasi dengan apa yang dijalankan FORKI, agar dapat sinkronisasi program khususnya dalam hal pembinaan prestasi,” ungkap Hadi.

Ketua Umum PP ASKI Saipullah Nasution mengatakan, ASKI tidak bisa berjalan tanpa kolaborasi dengan sesama perguruan di bawah naungan PB FORKI. Sesuai nama akademi yang diusung, ASKI bertekad untuk dapat menjadi lembaga pendidikan karate berbasis kurikulum yang ditetapkan dewan guru.

”Kami akan melakukan penyempurnaan kurikulum yang lebih bersifat edukatif sesuai nama perguruan yaitu akademi. Ke depan ASKI akan menciptakan suatu metode pengembangan karate berbasis akademi,” kata Saipullah Nasution.

Menurut dia, susunan pengurus ASKI yang dilantik mengakomodir kemajemukan individu dan latar belakang profesi yang diharapkan mampu memberikan sumbangsih dalam pengembangan perguruan.

”Program kerja yang akan dilakukan secara strategis adalah pengembangan dan pemberian kesempatan bagi karateka ASKI untuk mengikuti event baik pelatihan maupun kompetisi di luar negeri, seperti yang baru saja dilakukan dengan mengikuti seminar dan kejuaraan dunia KWF ke-10 di Tokyo, Jepang,” papar Saipullah.

Dari sisi teknik, lanjut dia, PP ASKI bertekad untuk memperbanyak kesempatan pengembangan BUDO karate. Sehingga, anggota ASKI tidak hanya fokus mengembangkan prestasi atlet namun membentuk karakter para karateka yang memiliki akhlak mulia.

Ketua Dewan Guru PP ASKI Ucok Marisi Sihotang mengatakan, beberapa program prioritas yang akan dilakukan di antaranya sertifikasi pelatih mulai dari pelatih pratama, madya, dan utama. Selain itu, melakukan kunjungan anggota dewan guru ke beberapa daerah berdasar skala prioritas. Akan dilakukan pula relaksasi ujian DAN I/II yang semula bersifat zona menjadi provinsi, serta mengikutsertakan karateka ASKI ke event internasional.

Baca Juga : Sejumlah Pelajar di Jepara Tolak Foto KTP karena Alasan Ini

”Kami akan mengikutsertakan para karateka ASKI ke event internasional, dalam hal ini event Karate no Michi World Federation yang berpusat di Tokyo di mana ASKI berinduk, baik yang bersifat regional maupun kejuaraan dunia,” ucap Ucok Marisi Sihotang. (JPG)

Editor : Yosep/Welinda-PKL