25 radar bogor

Viral Dulu, Tumpukan Sampah di Simpang Ciawi Baru Ditangani

Dandim Bogor, Letkol Kavaleri Gan Gan Rusgandara. tinjau langsung saluran air di simpang Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat yang tersumbat tumpukan sampah. Selasa (7/11/2023. foto : Radar Bogor / Hendi Novian

CIAWI-RADAR BOGOR, Bupati Bogor, Iwan Setiawan memastikan tumpukan sampah di Simpang Ciawi segera ditangani.

Usai viral, dirinya bersama Pj. Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin dan Dandim 0621 Kabupaten Bogor, Letkol Kav. Gan Gan Rusgandara turut memantau langsung pembersihan tumpukan sampah tersebut.

“Intinya hari ini kami mengambil langkah-langkah konkrit untuk mengatasi persoalan tumpukan sampah ini agar tidak terulang,” ucap Iwan Setiawan, Selasa (7/11).

Baca juga: Tumpukan Sampah di Simpang Ciawi Baru Dibersihkan, Bupati Ngaku Tidak Kelihatan

Dia pun meminta bangunan-bangunan liar yang berada di lokasi tumpukan sampah untuk dibongkar.

Hal itu dilakukan agar proses pengerukan sampah bisa berjalan dengan lancar.

Kepada aparatur kecamatan setempat, Iwan juga meminta untuk terus melakukan pengawasan agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

Dalam menangani tumpukan sampah tersebut, melibatkan unsur TNI Polri, Damkar, Satpol PP, Dinas Lingkungan Hidup, DPUPR, dan DPKPP dan Jasa Marga.

“Namun saya meminta agar pembongkaran bangunan liar dilakukan dengan pendekatan humanis. Saya berharap lokasi ini ke depan bisa dibuat nyaman, misalnya seperti dibuat taman,” harap Iwan.

Baca juga: Proyek Jalur Tambang Mandek, Bupati Bogor Minta Pj Gubernur Tindaklanjuti

Pj. Gubernur Jabar, Bey Machmudin menerangkan, lokasi tumpukan sampah tersebut merupakan lahan milik Kementerian PUPR yang dikelola oleh Jasa Marga.

Ke depan, dia meminta agar tempat itu dapat dikelola lebih baik lagi.

“Ke depan akan dibangun gorong-gorong untuk saluran airnya agar lebih rapi dan tidak terjadi lagi penumpukan sampah yang menyebabkan tersumbatnya aliran air,” tegasnya.(cok)

Penulis: Septi
Editor: Rany Puspitasari