25 radar bogor

Pemerintah RI Salurkan Bantuan Kemanusiaan 26,5 Ton ke Gaza

Bantuan Palestina
Presiden Joko Widodo Melepas pesawat yang akan mengantarkan bantuan ke Palestina

JAKARTA-RADAR BOGOR, Beberapa delegasi pemerintah Republik Indonesia akan mengantarkan bantuan kemanusiaan untuk warga Palestina di Gaza melalui Mesir.

Baca juga : Israel Tolak Gencatan Senjata, UNICEF Sebut Wilayah Gaza Menjelma Bak Kuburan Bagi Ribuan Mayat Anak-anak

Delegasi yang terdiri dari Mabes Polri dan Kementerian Luar Negeri ini mengirimkan bantuan tahap pertama dari Indonesia yang sudah dikoordinasi oleh wakil Menteri Luar Negeri RI Pahala Nugraha Mansury.

Dilansir dari Antara, Senin (6/11) Kepala Divisi Hubungan Internasional Polri, Irjen Pol. Krishna Murti ikut mengantarkan bantuan kemanusiaan dari Indonesia itu.

Bantuan dikirim melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang Banten pada Minggu (5/11) malam.

Irjen Po. Krishna Murti mengatakan bantuan yang dikirim tersebut berisi 100 tenda peleton yang berkapasitas lebih dari 5.000 orang dan 1.000 selimut untuk warga Palestina di Gaza.

Selain tenda dan selimut, bantuan kemanusiaan tersebut juga berisi makanan, obat-obatan, perlengkapan sanitasi, alat penyulingan air bersih, dan alat-alat bedah minor.

Bantuan kemanusiaan dari Pemerintah RI itu merupakan hasil koordinasi antara Mabes Polri dan Kementerian Kesehatan RI.

Dalam keberangkatan itu, sedikitnya 20 orang yang terdiri dari Kepolisian dan Kementerian Luar Negeri ikut mengawal pengiriman bantuan kemanusiaan untuk warga Palestina di Gaza

“Keberangkatan ini berisi anggota Polri dan Kementerian Luar Negeri dengan menggunakan (pesawat chaster) Airbus A330 yang akan menuju El Arish di Mesir,” kata Krishna Mukti.

Irjen Pol. Krishna Mukti juga mengatakan pesawat komersil yang mengangkut bantuan kemanusiaan tersebut dijadwalkan tiba 1,5 jam lebih awal di El Arish daripada dua pesawat C-130 Hercules yang sudah terbang pada Sabtu (4/11) kemarin.

Bantuan yang tiba di Mesir nantinya akan diterima oleh Bulan Sabit Merah Mesir yang nantinya akan dibawa masuk ke Gaza.

Kepala Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, Sumarjana mengatakan bantuan berupa alat-alat medis yang salurkan beratnya diperkirakan mencapai tujuh ton.

Baca juga : Parade Genosida Israel, Kini Hantam Kamp Pengungsian Terbesar di Gaza

Bantuan kemanusiaan dari Pemerintah RI itu dijadwalkan akan dikirim pada Senin (6/11) pukul 01.00 WIB dan akan mendarat di Mesir pada pukul 07.00 waktu setempat.(jpg)

Editor : Yosep/Taufik-Pkl